Penerapan Penilaian Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Kelas Viii Smp Tk Sinar Wsbila Subarang Tahun Ajaran 2020/2021

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Penilaian Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Kelas Viii Smp Tk Sinar Wsbila Subarang Tahun Ajaran 2020/2021

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikann penerapan penilaian
kurikulum 2013 (K-13) oleh guru mata pelajaran PPKN di kelas VIII SMP TK Sinar
Wasbila. 2). Mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam
penerapan penilaian kurikulum 2013 (K-13) dalam pembelajaran PPKn di kelas VIII
SMP TK Sinar Wasbila.
Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah guru PPKn dan siswa kelas VIII SMP TK Sinar Wasbila Subarang. Teknik
pengambilan data mengunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik
analisis data mengunakan teknik reduksi data nenyajiian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Dalam proses penerapan Kurikulum 2013
khususnya pada mata pelajaran PPKn yakni: 1.Pelaksanaan penilaian PPKn yang
dilaksanakan oleh guru di SMP TK Sinar Wasbira Subarang meliputi penilaian
kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan dan penilaian kompetensi
ketrampilan. Penilaian sikap selain dilakukan melalui observasi, guru memerintahkan
siswa untuk melaksanakan penilaian diri dan penilaian teman sebaya. Pelaksanaan
penilaian pengetahuan dilakukan oleh guru dengan memberikan pre tes pada saat
mengawali materi pokok yang baru dan melaksanakan pos tes setelah materi pokok
selesai diajarkan. Sedangkan penilaian ketrampilan dilakukan oleh guru dengan menilai
tugas-tugas peserta didik dan menilai ketrampilan peserta didik pada saat berdiskusi.
2.Kendala yang dihadapi guru PPKn, guru sering mengalami proses pembuatan
pelaksanaannya. Kendala-kendala itu terlihat pada kelemahan-kelemahan siswa baik
dalam strategi pemahaman yang berbeda maupun pada sikapnya yang beragam. temuan
dari hasil peniliti mewawancarai informan yaitu guru mata pelajaran PPKn hanya satu
informasi yang mempunyai kendala dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik
baik dalam segi pemahaman terhadap bahan materi maupun dalam menghadapi sikap dari
pesera didik yang berbeda – beda dan berasal dari latar belakang yang tidak sama pula
ini. yang menjadi kendala utama dalam proses penilaian.

KataKunci: PPKn dan Penilaian K-13


Detail Information

Item Type
Penulis
LUKAS HOSEA LILY - Personal Name
Student ID
1601070114
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.05 LIL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA