Skripsi
Strategi Public Relations dalam Pengembangan Pariwisata di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai
XMLAlfionita Lusiana Sandra Dewi. Skripsi. 2021. Strategi Public Relations Dalam Pengembangan Pariwisata Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Manggarai. Dibimbing oleh Dra. Jacoba Daud Niga, M.Si dan Alfred Omri E. Mau, S.Sos, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keberadaan public relations dalam pengembangan suatu lembaga atau organisasi yang selalu berhubungan dengan banyak pihak. Public relations berperan dalam mengkomunikasikan atau menginformasikan secara baik dengan tujuan untuk memberitahu, mengubah sikap, dan perilaku khalayak sasarannya untuk mencapai tujuan. Public relations menjadi salah satu hal penting, termasuk dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan. Salah satu sektor pembangunan yang perlu didukung melalui keberadaan public relation adalah sektor pariwisata, karena salah satu aktivitas dalam pengembangan pariwisata adalah aktivitas promosi terhadap obyek-obyek dan aktivitas pariwisata. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai berperan penting dalam upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Manggarai. Peran merupakan dinamisasi dari tugas dan fungsi. Setiap organisasi melaksanakan tugas dan fungsinya untuk mencapai visi dan misi atau tujuan bersama yang telah disepakati. Untuk mancapai tujuan bersama sesuai visi dan misi, maka perlu adanya suatu strategi. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan public relations di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai melalui berbagai aktivitas yang tercakup ke dalam lima strategi public relations, yakni strategi publikasi, strategi operasional, strategi edukasi dan persuasif, strategi tanggung jawab sosial public relations dan strategi kerja sama. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi public relations yang dipraktikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai belum berjalan secara baik dan maksimal. Hal ini dapat dilihat dari strategi publikasi yakni dalam upaya penyebaran informasi secara tidak langsung melalui media internet masih belum maksimal kerena keterbatasan fasilitas pendukung untuk menciptakan konsep promosi melalui digital marketing yang mampu berdaya saing (high class) untuk menarik minat wisatawan. Strategi operasional dalam uapaya pengembangan produk wisata yang dihasilkan masih monoton. Selain itu, managemen pengelolaan fasilitas objek wisata belum maksiman dan belum merata untuk setiap objek wisata, terlebih khusus objek wisata yang berada jauh dari pusat kota. Strategi kerja sama yang dibangun belum maksimal karena kontribusi dari semua pihak yang terlibat masih minim. Kata Kunci : strategi public relations, Promosi, Pariwisata.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Alfionita Lusiana Sandra Dewi - Personal Name
|
Student ID |
1603010074
|
Dosen Pembimbing |
JACOBA DAUD NIGA - 196004061987022001 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Jacoba Daud Niga - 196004061987022001 - Ketua Penguji
Rikhardus Seran Klau - 196504261990031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara, FISIP
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 Dew S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |