Skripsi
Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Tentang Konduktor Dan Isolator Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Inpres Nulle
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nulle dalam pembelajaran tentang konduktor dan
isolator melalui metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi
dengan mengambil lokasi penelitian di SD Inpres Nulle. Adapun subyek dalam penelitian
ini adalah siswa-siswi kelas V yang berjumlah 20 dengan rincian siswa laki-laki 7 orang
dan siswa perempuam 13 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi
dan tes. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis
data yakni deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Nulle, dengan hasil penelitian menunjukan
bahwa ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari Siklus I ke Siklus II yaitu pada
siklus I persentase hasil belajar siswa mencapai 55% dengan 11 orang siswa yang
mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sedangkan pada siklus II persentase hasil
belajar siswa mencapai 85% dengan 17 orang siswa telah mencapai kriteria ketuntasan
minimal (KKM). Selain itu, terdapat peningkatan rata-rata nilai rekapitulasi hasil belajar
siswa dari 64,54 pada siklus I menjadi 83,08 pada siklus ke-II.
Berdasarkan rumusan masalah pada skripsi ini yaitu “bagaimana penggunaan
metode eksperimen dalam pembelajaran tentang konduktor dan isolator untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nulle?”, maka dapat disimpulkan
bahwa penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran tentang konduktor dan
isolator untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nulle terbukti tepat.
Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II setelah
guru menggunakan metode eksperimen dalam proses pembelajaran tentang konduktor
dan isolator yaitu dengan memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui
eksperimen. Dimana siswa mengalami sendiri, menemukan sendiri serta mencari
kebenaran tentang apa yang dipelajarinya.
Kata Kunci : Metode Eksperimen, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
DEBRIANA SABUNA - Personal Name
|
Student ID |
1701140020
|
Dosen Pembimbing |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 SAB P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |