Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Brainstorming Dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 1, Subtema 1 DI SDK Kiupasan

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Brainstorming Dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 1, Subtema 1 DI SDK Kiupasan

XML

Skripsi oleh Bonifasius R Usfinit, NIM 1601140149 berjudul “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Brainstorming Dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 1, Sub Tema 1, Di SDK Kiupasan”. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran Brainstorming dan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 1, sub tema 1, di SDK Kiupasan? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Brainstorming dan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 1, subtema 1, di SDK Kiupasan, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik nontes yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dengan jumlah siswa yang diteliti 20 orang yang terdiri dari kelas kontrol 10 orang dan eksperimen 10 orang. Penelitian ini diadakan di SDK Kiupasan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kecamatan Insana Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada t tabel dilihat dari tabel t dengan taraf signifikansi 5%= 0,05. Jadi, berdasarkan kriteria keputusan penerimaan atau penolakan maka Ha diterima dan Ho ditolak. hal ini dapat dibuktikan pada hasil perhitungan paired sample ttest memiliki nilai sebesar 0,000 < 0,05. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari selisi rata-rata hasil belajar pada posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen, saat posttest pada kelas kontrol nilai rata-rata (mean) 64,50 kemudian pada saat posttest kelas eksperimen terjadi peningkatan rata-rata menjadi 81,50. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata peningkatan adalah 17,00. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Braisnstorming dan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 1, sub tema 1 di SDK Kiupasan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, bahwa hasil uji paired sample t-test yaitu Nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Brainstorming dan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 1, subtema 1 di SDK Kiupasan. Kata kunci : Metode Brainstorming, Media Gambar, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Bonifasius R Usfinit - Personal Name
Student ID
1601140149
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Usf P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA