Hubungan Antara Kemampuan Mengelola Emosi Dan Perilaku Agresif Siswa Di SMA Negeri 5 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Antara Kemampuan Mengelola Emosi Dan Perilaku Agresif Siswa Di SMA Negeri 5 Kota Kupang

XML

ABSTRAK
Redo, Carolina, Yunita. 2021. Hubungan Antara Kemampuan Mengelola Emosi Dan Perilaku Agresif Siswa SMA Negeri 5 Kota Kupang. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing : (I) Dr. M. D. Pua Upa, MS (II) Putu Agus Indrawan, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Mengelola Emosi dan Perilaku Agresif Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan mengelola emosi siswa, perilaku agresif siswa, dan apakah ada hubungan antara kemampuan mengelola emosi dan perilaku agresif siswa di SMA Negeri 5 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Kupang dengan jumlah populasi 1.296 orang dan sampel 93 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis yaitu kemampuan mengelola emosi dan angket perilaku agresif. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi dengan bantuan program SPSS for Windows 16.00 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (I) secara umum siswa memiliki kemampuan mengelola emosi dengan kategori tinggi 62 atau 67% yang terbagi atas siswa perempuan 46 orang dan siswa laki-laki 16 orang, kategori sangat tinggi 27 atau 29% siswa yang terbagi atas siswa perempuan 46 orang dan siswa laki-laki 16 orang, kategori rendah 4 atau 4% siswa yang terbagi atas perempuan 1 dan laki-laki 3. (II) secara umum siswa memiliki perilaku agresif dengan kategori sangat tinggi 2 atau 2% siswa yang terbagi atas perempuan 1 dan laki-laki 1, kategori tinggi 13 orang atau 14% siswa yang terbagi atas perempuan 10 dan laki-laki 3, kategori rendah 43 atau 46% siswa yang terbagi atas perempuan 30 dan laki-laki 13, kategori sangat rendah 34 atau 38% siswa yang terbagi atas perempuan 25 dan laki-laki 10. Analisis korelasi pearson product moment menunjukkan bahwa antara kemampuan mengelola emosi dan perilaku agresif siswa memiliki hubungan ke arah yang positif ditunjukan dengan nilai sebesar 0,370. Hasil pengujian signifikansi korelasi, menunjukkan terdapat hubungan yang signifikansi antara kemampuan mengelola emosi dan perilaku agresif siswa SMA Negeri 5 Kota Kupang dibuktikan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,370 > 0,2039). Artinya Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang cukup kuat kearah positif antara kemampuan mengelola emosi dan perilaku agresif siswa di SMA Negeri 5 Kota Kupang.


Detail Information

Item Type
Penulis
Carolina Yunita Redo - Personal Name
Student ID
1701160124
Dosen Pembimbing
MUHAMAD DAE PUA UPA - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 1
PUTU AGUS INDRAWAN - 198909302018031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Muhamad Dae Pua Upa - 196101131986011001 - Ketua Penguji
Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 1
Andriyani Emilia Lay - 197412162009122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling, FKIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 RED H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA