Skripsi
Analisis Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang
XMLKemampuan guru yang sesuai untuk kerjaan yang memenuhi standar mutu sesuai parameter kompetensi seorang guru menjadi syarat utama bagi terciptanya proses pembelajaran yang bermutu; baik pada aspek perencanaan (RPP), pelaksanaan maupun evaluasi dan tindak lanjudnya. Suatu perencanaan yang tidak bermutu akan tidak bermutu pula proses dan produkya. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan Guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang? Dan faktor apa saja yang dominan berfungsi menjadi penyebab rendahnya kemampuan guru dalam menyusun RPP. Hasil penelitian ditemukan bahwa sebagian besar guru-guru kelas III, kelas IV, kelas V dan kelas VI SD di wilayah kecamatan Sulamu dalam melaksanakan tugas perencanaan pembelajaran dilakukan dengan cara menyalin/meniru RPP lain. Dominan rumusan tujuan kurang jelas, tidak terdeteksi kesesuaian pemilihan materi dan keruntunannya karena RPP tidak dilengkapi materi pembelajaran, tidak ada scenario pembelajaran dan dominan tidak ada butir soal, kunci jawaban dan cara penilaianya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPP sangat rendah dan RPP yang digunakan guru tidak memenuhi standar mutu yang dipersyaratkan. Rekomendasi penelitian ini perlu uji kompetensi guru, perketat fungsi pengawasan terhadap guru, dan penerapan sanksi atas pelanggaran etika (menjiblak). Kata kunci : Kemampuan, Guru ,RPP.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Yolanda Cicilya K.Riwu - Personal Name
|
Student ID |
1601140272
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1 Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 NGG A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |