Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Pada Kendaraan Roda Empat (Studi Kasus : Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Belo Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Pada Kendaraan Roda Empat (Studi Kasus : Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Belo Kota Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan prinsip good governance yang difokuskan pada tiga prinsip, yaitu transparansi, berkeadilan dan akuntabilitas dalam pelayanan public pada kendaraan roda empat (studi kasus : UPT pengujian kendaraan bermotor belo kota kupang). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive dan accidental sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Prinsip transparansi dalam pengujian kendaraan roda empat di UPT PKB Belo Kota Kupang belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena masih kurangnya sosialisasi mengenai prosedur dan alat pengujian serta kegunaannya kepada masyarakat dan tidak ada kepastian waktu dalam pengujian yang disebabkan terhambatnya pelayanan karena kurangnya perhatian dan kesiapan masyarakat dalam memperhatikan kelengkapan berkas serta merawat kendaraan agar laik jalan, ditambah dengan pegawai yang sering datang terlambat masuk kantor. 2) Prinsip berkeadilan dalam pengujian kendaraan roda empat di UPT PKB Belo Kota Kupang sudah diterapkan dengan baik yang dibuktikan dengan pelayanan secara merata menggunakan nomor antrian dari setiap pengendara. 3) Prinsip akuntabilitas dalam pengujian kendaraan roda empat di UPT PKB Belo Kota Kupang juga belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena masih adanya kekurangan yaitu dimana tanggung jawab pemerintah dalam penambahan tenaga serta kualitas SDM belum terlaksanakan sehingga SDM belum memadai.
Dengan demikian, saran penulis adalah ; 1) Diharapkan agar UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Belo lebih transparan dalam pemberian pelayanan dengan aktif mengadakan sosialisasi ataupun membuat semacam papan informasi, baliho atau spanduk maupun lainnya mengenai prosedur dan alat pkb serta bagi masyarakat harus mempunyai kesadaran untuk kesiapan/merawat kendaraan yang dimiliki agar laik jalan dan para pegawai harus ditegur atau diberikan sanksi oleh atasan agar mereka dapat meningkatkan kedisiplin waktu dalam bekerja. 2) Untuk meningkatkan prestasi kerja pegawai, maka pegawai baik dari atasan sampai bawahan tetap mempertahankan pelayanan yang diberikan agar tidak adanya keluhan dari masyarakat. 3) UPT harus berkoordinasi dengan Dishub Kota untuk menambah jumlah tenaga dan kualitas SDM yang ada di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Belo misalnya dengan merekrut atau membuka lowongan pegawai yang kompeten dalam bidang pkb dan mengikuti pelatihan-pelatihan atau seminar.

Kata Kunci : Good Governance, Pelayanan Publik, UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Belo Kota Kupang.


Detail Information

Item Type
Penulis
Apriana Elisabet Malo - Personal Name
Student ID
1703010183
Dosen Pembimbing
WILLIAM DJANI - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
William Djani - 196410141989011001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 MAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA