Pengaruh Pembelajaran Model Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas V SDI Holotula

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Pembelajaran Model Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas V SDI Holotula

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model Contextual Teaching Learning terhadap hasil belajar peserta didik tentang penerapan sila-sila Pancasila. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDI Holotula Tahun Ajaran 2021/2022.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data secara kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDI Holotula yang berjumlah 18 siswa, sedangkan sampel pada penilitian ini adalah siswa kelas V SDI Holotula yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik yang terdiri dari 20 butir soal dengan bentuk pilihan ganda.Hasil perhitungan validitas menunjukkan nilai r_hitung untuk setiap butir soal lebih besar dari r_tabel (0,468) sehingga instrument soal yang digunakan mendapatkan data valid. Hasil perhitungan reliabilitas butir soal dengan menggunakan rumus KR20 diperoleh r_11 = 0,893 sehingga instrument soal tersebut dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenis dan uji hipotesis. Hasil perhitungan uji normalitas data pretest = 5,627 < 9,488 sedangkan data posttest = 9,310 < 9,488. Diketahui bahwa data pretest dan posttest hasil belajar peserta didik memiliki nilai 〖X^2〗_hitung<〖X^2〗_tabel, sehingga data tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenis diperoleh F_hitung = 2,11t_tabel maka H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima yaitu model Contextual Teaching Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDI Holotula.

Kata Kunci: Model Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Novia Palmalinda Henuk - Personal Name
Student ID
1601140166
Dosen Pembimbing
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Hen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA