Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Model Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas V SDI Holotula
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model Contextual Teaching Learning terhadap hasil belajar peserta didik tentang penerapan sila-sila Pancasila. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDI Holotula Tahun Ajaran 2021/2022.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data secara kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDI Holotula yang berjumlah 18 siswa, sedangkan sampel pada penilitian ini adalah siswa kelas V SDI Holotula yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik yang terdiri dari 20 butir soal dengan bentuk pilihan ganda.Hasil perhitungan validitas menunjukkan nilai r_hitung untuk setiap butir soal lebih besar dari r_tabel (0,468) sehingga instrument soal yang digunakan mendapatkan data valid. Hasil perhitungan reliabilitas butir soal dengan menggunakan rumus KR20 diperoleh r_11 = 0,893 sehingga instrument soal tersebut dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenis dan uji hipotesis. Hasil perhitungan uji normalitas data pretest = 5,627 < 9,488 sedangkan data posttest = 9,310 < 9,488. Diketahui bahwa data pretest dan posttest hasil belajar peserta didik memiliki nilai 〖X^2〗_hitung<〖X^2〗_tabel, sehingga data tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenis diperoleh F_hitung = 2,11
Kata Kunci: Model Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Novia Palmalinda Henuk - Personal Name
|
Student ID |
1601140166
|
Dosen Pembimbing |
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Hen P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |