Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV Di SD Inpres Fatufeto 2

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV Di SD Inpres Fatufeto 2

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV di SD Inpres Fatufeto 2. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 40 orang. Sampel yang digunakan teknik total sampling. Maka sampel kelas IV-A menjadi kelas eksperimen dengan pembelajaran Problem Based Learning dan kelas IV-B kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Ada 5 langkah dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 1).Orientasi siswa pada masalah, 2). Mengorganisasi siswa untuk belajar, 3).Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok , 4). Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5). Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Hasil analisis data statistic menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dari instrument penelitian setiap item soal valid karena nilai rhitung > nilai rtabel dan reliabel. Karena nilai cronbach alpha 0,933 masuk dalam kategori reliabilitas tingkat tinggi, tingkat kesukaran soal masuk dalam kategori sedang dan mudah, daya pembeda soal masuk dalam kategori baik sekali dan baik serta berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji normalitas, didapatkan hasil bahwa nilai terhadap hasil belajar pretest dan posttest pada semua aspek terdistribusi normal. Hasil analisis deskriptif menujukan bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning memperoleh skor rata-rata sebesar 81,25, sedangkan rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 74,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci :Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Fitriana Manafe - Personal Name
Student ID
1701140057
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Man P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA