Penggunaan Model Listening Team Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pengumuman Siswa Kelas V SD Negeri Banulu Kabupaten TTU Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Listening Team Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pengumuman Siswa Kelas V SD Negeri Banulu Kabupaten TTU Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

XML

Tujuan dari penelitian ini yakni Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pengumuman Siswa Kelas V SD Negeri Banulu. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian tindak kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan penilaian. Teknik analisis data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian berjumlah 25 orang dengan rincian laki-laki 11 orang dan perempuan 14 orang.Penelitian ini diadakan di SDN Banulu Kabupaten TTU dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil nilai keterampilan menulis pengumuman siswa. dalam Penagamatan di SDN Banulu Peneliti menggunakan 2 siklus dalam peneliatian. Kedua siklus ialah prasiklus dan siklus. Prasiklus ialah suatu kondisi awal dalam peneliatian akan siswa. Prasiklus dalam penelitian yang dinilai banyak siswa yang menulis dengan baik namun kendalanya ialah minat menulis siswa masih sangat berkurang, sehingga pengamat memperoleh nilai prasiklus yang diperoleh dengan nilai rata-rata 60. Sedangkan pada siklus 1 dari 25 subjek yang dinilai yang berhasil tuntas berjumlah 10 siswa dengan presentasi persen sebesar (40%) dikarenakan sudah mencapai kriteria-kriteria dalam menulis pengumuman. Dari presentasi (40%) terlihat bahwa banyak siswa sudah bisa menulis pengumuman dengan memperhatikan ejaan, kata baku, keefektifan kalimat, paragraf dan tampilan tulisan yang baik. Sedangkan siswa yang tidak tuntas pada siklus 1 berjumlah 15 siswa dengan presentasi persen sebesar (60%) dikarenakan belum mencapai kriteria-kriteria dalam menulis pengumuman, kendalanya 11 siswa tidak memperhatikan dengan saksama ketika temannya sedang menulis pengumuman, 2 siswa kurang percaya diri atatu tidak yakin dalam menulis pengumuman, dan didapati 2 siswa masih belum aktif dan kurang aktif dalam menulis pengumuman. Selanjutnya pada siklus ke II ini terdapat peningkatan yang signifikan, hal ini dibuktikan lewat 25 subjek yang diteliti yang tuntas semuanya sudah mencapai kriteria ketuntasan dengan presentasi persen sebesar (100%) dalam menulis pengumuman.
Sesuai dengan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model listening team dapat meningkatkan keterampilan menulis pengumuman siswa kelas V SDN Banulu Kabupaten TTU.
Kata Kunci : Menulis, Listening Team, Pengumuman.


Detail Information

Item Type
Penulis
Avelinda Nailake - Personal Name
Student ID
1701140031
Dosen Pembimbing
Labu Djuli - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ch. Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nai P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA