Efektivitas Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) Dalam Memberikan Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakat Penerima Program Di Kelurahan Karang Siri Kecamatan Kota Soe Kabupaten TTS

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) Dalam Memberikan Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakat Penerima Program Di Kelurahan Karang Siri Kecamatan Kota Soe Kabupaten TTS

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas program Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat penerima program di Kelurahan Karang Siri Kecamatan Kota Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan kuesioner atau angket. Tahap dalam teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan penilaian indeks kepuasan masyarakat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas program Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat penerima program di Kelurahan Karang Siri Kecamatan Kota Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) di ukur melalui ukuran efektivitas program secara keseluruhan yaitu efektif.
Pada variabel ketepatan sasaran program menunjukan bahwa masih banyak masyarakat penerima program KIS di Kelurahan Karang Siri yang belum mendapatkan program KIS dan kemudahan daya akses masyarakat penerima program menunjukan bahwa belum dimudahkan untuk terdaftar sebagai peserta KIS dimana prosedur pengurusan yang membutuhkan kurun waktu lama sampai masyarakat dapat menerima dan menggunakan KIS. Variabel keberhasilan program KIS diukur melalui keberhasilan layanan preventif, promotif dan kuratif. Pada layanan preventif telah dilaksanakan dengan baik oleh pihak puskesmas melalui pencegahan penyakit tertentu. Pada layanan promotif sudah dilakukan dengan baik oleh pihak puskesmas melalui kegiatan sosialisasi kesehatan. Dan pada layanan kuratif atau pengobatan rawat jalan juga sudah dilakukan oleh pihak puskesmas dengan baik kepada masyarakat yang berobat. Variabel kepuasan masyarakat penerima program yang diukur melalui 14 unsur indeks kepuasan masyarakat menunjukan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap program KIS di Puskesmas Kecamatan Kota Soe sudah berjalan dengan baik, Unsur kemampuan petugas pelayanan, Keamanan dan kenyamanan lingkungan di Puskesmas merupakan unsur tertinggi. Sedangkan Kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan dan keramahan petugas pelayanan merupakan unsur dengan nilai indeks kepuasan masyarakat terendah. kepuasan masyarakat terhadap pemberian jaminan kesehatan yang layak bagi penerima program Kartu Indonesia Sehat sudah tercapai dengan baik, menunjukan bahwa masyarakat penerima program sudah dimudahkan dan membantu masyarakat.

Kata kunci : Efektivitas, Program KIS, Masyarakat Penerima Program


Detail Information

Item Type
Penulis
Winda Kaelily Detamauk - Personal Name
Student ID
1703010007
Dosen Pembimbing
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
David B W Pandie - 196112121986011002 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Det E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA