Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Pergaulan Mahasiswa Kos (Studi Kasus di Rt 09 Rw 01 Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah)

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Pergaulan Mahasiswa Kos (Studi Kasus di Rt 09 Rw 01 Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah)

XML

Persepsi dan sikap masyarakat terhadap pergaulan mahasiswa kos merupakan pandangan atau penilaian yang diberikan oleh masyarakat terhadap pergaulan yang dilakukan oleh mahasiswa kost di lingkungan tersebut. Pergaulan mahasiswa merupakan salah satu objek yang tidak lepas dari persepsi masyarakat. Pergaulan yang mahasiswa lakukan akan mencerminkan kepribadianya, dan akan mempengaruhi persepsi masyarakat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisi persepsi dan sikap masyarakat terhadap pergaulan mahasiswa kos. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu untuk menangkap dan memahami sesuatu dibalik fenomena yang sedikitpun belum diketahui, Strauss dan Corbin ( 2007 ). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembentukan persepsi. Keterkaitan teori ini dengan masalah penelitian adalah persepsi masyarakat akan menghasilkan suatu penilaian terhadapsikap, perilaku dan tindakan seseorang didalam kehidupanbermasyarakat.Dalam kehidupan dimasyarakat mahasiswa yang tinggaldi rumah kos harus dapat berinteraksi dan menyesuaikan diri denganaturan yang ada di masyarakat. Pergaulan mahasiswa merupakan salahsatu objek yang tidak lepas dari persepsi atau penilaian masyarakat.Pergaulan yang mahasiswa lakukan akan mencerminkan kepribadiannya,dan akan mempengaruhi persepsi dalam masyarakat.Subyek penelitian yang akan diteliti adalah terdiri dari 7 orang yaitu : 1 ketua RT 09, 4 masyarakat yang tinggal di sekitar kos-kosan, dan 2 pemilik kos. Hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan peneliti secara umum, persepsimasyarakat terhadap pergaulan mahasiswa kos berpersepsi positif dan negatif. Persepsi positif seperti mahasiswa yang menaati nilai dan norma yang sudah diterapkan oleh masyarakat, sedangkan persepsi negatif masyarakat seperti mahasiswa yang melanggar nilai dan norma yang sudah diterapkan. Sedangkan sikap masyarakat ada yang menerima dan menolak terkait pergaulan mahasiswa kos. Kata kunci: persepsi dan sikap, masyarakat, pergaulan, mahasiswa kos


Detail Information

Item Type
Penulis
Adelina Setiawati - Personal Name
Student ID
1603030141
Dosen Pembimbing
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi, FISIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Set P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA