Strategi Pemasaran Politik (Political Marketing) DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Ngada Dalam Memenangkan Pemilu Legislatif Tahun 2019

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pemasaran Politik (Political Marketing) DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Ngada Dalam Memenangkan Pemilu Legislatif Tahun 2019

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran politik
yang dilakukan oleh DPC PKB Ngada dalam meningkatkan perolehan suara
masyarakat pada Pemilu legislatif Kabupaten Ngada tahun 2019 dan yang
kedua adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal pendukung
maupun penghambat Strategi Pemasaran Politik DPC PKB Ngada dalam
meningkatkan perolehan suara masyarakat pada Pemilu legislatif Kabupaten
Ngada tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis teori yang
digunakan dalam penelitian ini ialah Teori Strategi Politik, Pemasaran Politik
(political marketing), Partai Politik dengan Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik anailsis
data menggunakan tiga cara yakni reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah DPC PKB Ngada
memiliki banyak produk yang ditawarkan ketika akan dilaksanakannya
pemilihan umum legislatif tahun 2019. Sehingga platform yang diandalkan
oleh partai ini adalah bagaimana dapat menjadi penawar bagi kesulitan
masyarakat saat ini. Salah satunya adalah melalui program aksi kemanusiaan.
Untuk dapat berkiprah dimasyarakat, DPC PKB Ngada telah membentuk
berbagai macam program identik yang diberi nama Badan Otonomi Daerah
(Banom) yang terdiri dari Garda Bangsa (Gerakan Pemuda Kebangkitan
Bangsa) dan Gerbang Tani. Garda Bangsa merupakan Badan Otonomi PKB
dibidang kepemudaan yang bertujuan untuk menggalang dukungan massa
pemilih pemuda sekaligus menyiapkan politisi-politisi yang nantinya akan
meneruskan regenerasi di PKB. Adapun faktor pendukung yakni Partai
Kebangkitan Bangsa menjadi salah satu partai yang mengusung pasangan
Marianus Sae dan Emi Nomleni ketika mencalonkan diri menjadi Gubernur
NTT dan dari sinilah PKB mendapatkan laba politik yakni massa yang banyak
dari para pendukung paket Marhaen dan penghambat strategi pemasaran
politik DPC Partai Kebangkitan Bangsa dalam memenangkan pemilu
legislatif tahun 2019 yakni, akses menuju wilayah pemilih dirasa sangat
ekstrim serta kekurangan dana kampanye.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Politik, Partai Kebangkitan Bangsa,
Pemilihan Umum Legislatif tahun 2019


Detail Information

Item Type
Penulis
ELISABET RUTO - Personal Name
Student ID
1703040109
Dosen Pembimbing
Frans W. Muskanan - 8886423419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ananias Rion Jacob - 199208142018031001 - Ketua Penguji
Frans W. Muskanan - 8886423149 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 RUT S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA