Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Operasi Bilangan Bulat Kelas Iv Sd N 57 Oerantium (Penelitian Kualitatif)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Operasi Bilangan Bulat Kelas Iv Sd N 57 Oerantium (Penelitian Kualitatif)

XML

Dalam penelitian ini, pengukuran kemampuan komunikasi matematika siswa dilakukan dalam bentuk tulisan dengan memberikan skor terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan komuniikasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi operasi bilangan bulat dengan empat indikator kemampuan komunikasi matematika yaitu kemampuan menuliskan aspek yang diketahui, kemampuan menuliskan aspek yang ditanyakan, kemampuan menuliskan dan menyusun model penyelesaian serta kemampuan menuliskan kalimat kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 57 Oerantium Kabupaten Kupang. Tahap penelitian dimulai dengan pemberian tes soal cerita, pemilihan subjek dengan kriteria kelompok kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang dan kemampuan matematika rendah dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan hasil tes tertulis dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan subjek dengan kemampuan matematika tinggi berada pada kategori baik, dimana subjek mampu memenuhi semua indikator yang dianalisis yaitu empat indikator dengan tepat. Selanjutnya, subjek dengan kemampuan matemtika sedang berada pada kategori cukup, dimana subjek memenuhi 2 indikator yaitu kemampuan menuliskan aspek yang diketahui dan kemampuan menuliskan aspek yang ditanyakan dengan tepat sementara kemampuan menuliskan dan menyusun model penyelesaian dengan cukup tepat dan subjek belum mampu menuliskan kalimat kesimpulan dengan tepat. Subjek dengan kemampuan rendah berada pada kategori sangat rendah, dimana subjek belum mampu memenuhi empat indikator yang dianalisis dengan tepat. Kata kunci : kemampuan komunikasi matematika, soal cerita


Detail Information

Item Type
Penulis
Wanti Yuningsih Rassi - Personal Name
Student ID
1601140073
Dosen Pembimbing
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ras A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA