Skripsi
Usaha Guru PPKn Dalam Pembinaan Nilai Karakteryang tidak Religius bagi Peserta Didik Kelas X MIA 1 Di Madrasah Aliyah Negeri Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha guru PPKn dalam pembinaan nilai karakter yang tidak religius bagi peserta didik kelas X MIA 1 di Madrasah Aliyah Negeri Kupang dan faktor – faktor yang menjadi pendukung dan penghambat upaya guru dalam pembinaan nilai karakter yang tidak religius bagi peserta didik kelas X MIA 1 di Madrasah Aliyah Negeri Kupang.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti ini melakukan wawancara dengan guru PPKn, wali kelas X MIA 1 dan beberapa siswa kelas X MIA
1. Data yang terkumpulkan kemudian diseleksi dan dianalisis melalui, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan simpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha guru PPKn dalam pembinaan nilai karakter yang tidak religius bagi peserta didik kelas X MIA 1 di Madrasah Aliyah Negeri Kupang adalah melalui keteladan guru dan pembiasaan. Ada dua bentuk kegiatan pembiasaan, pertama kegiatan rutin dimana kegiatan dilakukan secara terus menerus yang terdiri dari, berdoa sebelum memulai pemebelajarn, membaca Asmaul husna, sholat dhuha bersama sebelum memulai pemebelajaran, membaca surat – surat pendek Alqur‟an, tadarus Al qur‟an, dan kebersihan kelas. Kedua, kegiatan spontan dimana kegiatan yang dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh waktu, tempat dan ruang yang terdiri dari, membiasakan mengucap salam dan bersalaman kepada guru, membiasakan bersikap sopan santun, menghargai pendapat orang lain, menolong dan membantu teman. Hasil pembinaan karakter religius bagi peserta didik yang tidak religius oleh guru PPKn melalui pembiasan dengan lima aspek yaitu aspek iman, islam, ihsan, amal dan ilmu, menunjukkan bahwa ada perubahan menjadi lebih baik pada peserta didik yang sudah dibina yaitu: 1) kemampuan membaca Al qur‟an peserta didik menjadi lebih baik dari sebelumnya, 2) menghafal Asmaul husnah, 3) meningkatnya kebiasaan beribadah peserta didik seperti adanya pelaksanaan sholat dhuhur yang tekun, 4) adanya perubaha tingkahlaku peserta didik yang baik seperti sopan santun, 5) adanya kepatuhan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.Dalam pembinaan nilai karakter yang tidak religius bagi peserta didik guru PPKn mendapatkan adanya faktor pendung dan penghambat, faktor pendukung adalah adanya dukungan dari diri peserta didik,keluarga, guru, lingkungan madrasah dan lingkungan masyarakat. Adapun faktor penghambatnya adalah dari peserta didik itu sendiri, keluarga,lingkungan madrasah, masyarakat, dan media massa
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ULFA RABIYAH MUKIN - Personal Name
|
Student ID |
1501070030
|
Dosen Pembimbing |
SEMUEL SABAT - 195605151985031003 - Dosen Pembimbing 1
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Muk U
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |