Usaha Guru PPKn Dalam Pembinaan Nilai Karakteryang tidak Religius bagi Peserta Didik Kelas X MIA 1 Di Madrasah Aliyah Negeri Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Usaha Guru PPKn Dalam Pembinaan Nilai Karakteryang tidak Religius bagi Peserta Didik Kelas X MIA 1 Di Madrasah Aliyah Negeri Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha guru PPKn dalam pembinaan nilai karakter yang tidak religius bagi peserta didik kelas X MIA 1 di Madrasah Aliyah Negeri Kupang dan faktor – faktor yang menjadi pendukung dan penghambat upaya guru dalam pembinaan nilai karakter yang tidak religius bagi peserta didik kelas X MIA 1 di Madrasah Aliyah Negeri Kupang.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti ini melakukan wawancara dengan guru PPKn, wali kelas X MIA 1 dan beberapa siswa kelas X MIA
1. Data yang terkumpulkan kemudian diseleksi dan dianalisis melalui, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan simpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha guru PPKn dalam pembinaan nilai karakter yang tidak religius bagi peserta didik kelas X MIA 1 di Madrasah Aliyah Negeri Kupang adalah melalui keteladan guru dan pembiasaan. Ada dua bentuk kegiatan pembiasaan, pertama kegiatan rutin dimana kegiatan dilakukan secara terus menerus yang terdiri dari, berdoa sebelum memulai pemebelajarn, membaca Asmaul husna, sholat dhuha bersama sebelum memulai pemebelajaran, membaca surat – surat pendek Alqur‟an, tadarus Al qur‟an, dan kebersihan kelas. Kedua, kegiatan spontan dimana kegiatan yang dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh waktu, tempat dan ruang yang terdiri dari, membiasakan mengucap salam dan bersalaman kepada guru, membiasakan bersikap sopan santun, menghargai pendapat orang lain, menolong dan membantu teman. Hasil pembinaan karakter religius bagi peserta didik yang tidak religius oleh guru PPKn melalui pembiasan dengan lima aspek yaitu aspek iman, islam, ihsan, amal dan ilmu, menunjukkan bahwa ada perubahan menjadi lebih baik pada peserta didik yang sudah dibina yaitu: 1) kemampuan membaca Al qur‟an peserta didik menjadi lebih baik dari sebelumnya, 2) menghafal Asmaul husnah, 3) meningkatnya kebiasaan beribadah peserta didik seperti adanya pelaksanaan sholat dhuhur yang tekun, 4) adanya perubaha tingkahlaku peserta didik yang baik seperti sopan santun, 5) adanya kepatuhan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.Dalam pembinaan nilai karakter yang tidak religius bagi peserta didik guru PPKn mendapatkan adanya faktor pendung dan penghambat, faktor pendukung adalah adanya dukungan dari diri peserta didik,keluarga, guru, lingkungan madrasah dan lingkungan masyarakat. Adapun faktor penghambatnya adalah dari peserta didik itu sendiri, keluarga,lingkungan madrasah, masyarakat, dan media massa


Detail Information

Item Type
Penulis
ULFA RABIYAH MUKIN - Personal Name
Student ID
1501070030
Dosen Pembimbing
SEMUEL SABAT - 195605151985031003 - Dosen Pembimbing 1
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Muk U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA