Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Melalui Kelompok Tenun di Desa Maubesi Kecamatan Insana Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Melalui Kelompok Tenun di Desa Maubesi Kecamatan Insana Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keadaan rumah tangga miskin di Desa Maubesi, Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara; dan (2) mengetahui peran dan kontribusi perempuan di Desa Maubesi, Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara, dalam meningkatkan pendapatan keluarga melalui kelompok tenun.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bersifat pemaparan atau menggambarkan sesuatu hal dengan tujuan untuk menyelidiki keadaan atau kondisi yang terjadi pada obyek atau wilayah penelitian. Informan utama dalam penelitian ini adalah 6 orang perempuan sebagai ibu rumah tangga yang penghasilannya meningkat setelah adanya kelompok tenun. Informan berjumlah 8 orang didasarkan pada teknik pengambilan sampel dengan mempertimbangkan sesuatu hal yang disebut purposive sampling. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keadaan rumah tangga miskin di Desa Maubesi sangat memprihatinkan, mulai dari jenis pekerjaan suami-istri, jumlah tanggungan keluarga, penghasilan perbulan, dan keadaan pendidikan anak, (2) peran perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui kelompok tenun, menjahit dan menjual kue serta melakukan kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan rumah tangga, dan sumbangan pendapatan perempuan sangat berkontribusi dalam kehidupan ekonomi keluarga. Kontribusi yang mereka berikan berupa uang dari pekerjaannya yang digunakan untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

Kata Kunci : Peran Perempuan, Perekonomian Keluarga, Kelompok Tenun


Detail Information

Item Type
Penulis
Elisabeth Sene - Personal Name
Student ID
1703010025
Dosen Pembimbing
PAULUS ND L T RATOEBANDJOE - 195711241988031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
David B W Pandie - 196112121986011002 - Ketua Penguji
Paulus Nd L T Ratoebandjoe - 195711241988031001 - Penguji 1
Primus Lake - 195908281987021002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
David B W Pandie - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Sen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA