Pengaruh Kejenuhan Belajar Terhadap Aktivitas Membaca Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fkip Undana Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Kejenuhan Belajar Terhadap Aktivitas Membaca Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fkip Undana Kupang

XML

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) gambaran kejenuhan belajar pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana Kupang, (2) gambaran aktivitas membaca pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana Kupang, dan (3) pengaruh kejenuhan belajar terhadap aktivitas membaca pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana Kupang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan di kampus B FKIP-Universitas Nusa Cendana Kota Kupang. Penelitian ini dilaksanakan selama ±3 bulan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana Kupang yang berjumlah 447 mahasiswa yang terdiri dari kelas A dan B semester III, V, VI, dan IX. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling yaitu 89 mahasiswa. Variabel penelitian yakni variabel bebas kejenuhan belajar dan variabel terikat aktivitas membaca. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis linear sederhana.
Hasil penelitian ini meliputi (1) Kejenuhan belajar mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana Kupang dominan berada pada kategori tinggi sebanyak 59 mahasiswa (66%). (2) Aktivitas membaca mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana Kupang dominan berada pada kategori tinggi sebanyak 53 mahasiswa (60%). (3) Hasil uji pengaruh dengan menggunakan uji regresi linear sederhana F hitung 12,708 > F tabel 3,948 dengan tingkat signifikan 0,001 < 0,05 yang menunjukan adanya pengaruh kejenuhan belajar terhadap aktivitas membaca pada mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana Kupang. Kejenuhan belajar memberi pengaruh terhadap aktivitas membaca mahasiswa sebesar 12,7% dan 87,3% dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi, perkembangan teknologi, dan sarana.


Detail Information

Item Type
Penulis
ANASTASIA MEI DUE PATI - Personal Name
Student ID
1701160063
Dosen Pembimbing
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Dosen Pembimbing 1
KHETYE ROMELYA SABA - 197901092008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Ketua Penguji
Khetye Romelya Saba - 197901092008122002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
BIMBINGAN DAN KONSELING
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
1701160036
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA