Hubungan Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Bimbingan Konseling Fkip Universitas Nusa Cendana Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Bimbingan Konseling Fkip Universitas Nusa Cendana Kupang

XML

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Gambaran
efikasi diri mahasiswa Bimbingan Konseling FKIP Univerisitas Nusa Cendana
Kupang, (2) Gambaran prestasi belajar mahasiswa Bimbingan Konseling FKIP
Universitas Nusa Cendana Kupang dan (3) Adanya hubungan efikasi diri dengan
prestasi belajar mahasiswa Bimbingan Konseling FKIP Universitas Nusa Cendana
Kupang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan korelasional. Lokasi penelitian di Kampus B FKIP Universitas
Nusa Cendana Kupang dengan lama penelitian 3 bulan. Populasi penelitian ini
adalah mahasiswa Bimbingan Konseling FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang
yang berjumlah 447 mahasiswa. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan
teknik Propotional Stratified Random Sampling yaitu 89 mahasiswa. Variabel
penelitian yakni variabel bebas Efikasi Diri dan variabel terikat Prestasi Belajar.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan Korelasi Product Moment.
Hasil penelitian ini meliputi (1) Efikasi diri mahasiswa Bimbingan
Konseling dominan berada pada kategori tinggi terdapat 46 mahasiswa (51,7%),
(2) Prestasi belajar mahasiswa Bimbingan Konseling dominan berada pada
kategori tinggi terdapat 42 mahasiswa (47,2%) dan (3) Hasil uji korelasi
menunjukkan bahwa r hitung= 0,538 > r tabel pada signifikansi 0,05 dengan n=89
adalah 0,206 disimpulkan bahwa 0,538 > 0,206 dan dapat diartikan bahwa
hipotesis (Ha) diterima karena memiliki korelasi yang signifikan, atau dengan kata
lain ada hubungan efikasi diri dengan prestasi belajar mahasiswa Bimbingan
Konseling FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang.

Kata Kunci : Efikasi Diri Dan Prestasi Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA CHAROLINA BHEBHE - Personal Name
Student ID
1701160133
Dosen Pembimbing
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Dosen Pembimbing 1
KHETYE ROMELYA SABA - 197901092008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Ketua Penguji
Khetye Romelya Saba - 197901092008122002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan dan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 se
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA