Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Dalam Pembelajaran Tema II Selalu Berhemat Energi Sub Tema II Manfaat Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Saburaka Kabupaten Belu

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Dalam Pembelajaran Tema II Selalu Berhemat Energi Sub Tema II Manfaat Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Saburaka Kabupaten Belu

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Numbered head together (NHT) pada tema 2 selalu berhemat energi, sub tema 2 manfaat energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Saburaka. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SDN Saburaka. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 15 orang. Dengan rincian siswa laki-laki 8 orang siswa perempuan 7 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SDN Saburaka, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I sebanyak 6 siswa (40%) dari 15 siswa subjek yang tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan guru, selalu berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok siswa sesuai langkah-langkah model NHT,tidak menggangu teman yang lain, sedangkan 9 orang lainnya dari 15 subjek (60%) tidak mencapai standar ketuntasan karena siswa tidak memperhatikan penjelasan guru lebih banyak bermain, kurang berpartisipasi aktif dalam mengerjakan tugas kelompok. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni dari 15 subjek, semua siswa tuntas dengan presentase nilai 100% karena siswa mulai fokus memperhatikan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, berani untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru, aktif dalam kerja kelompok sesuai langkah-langkah model NHT.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema II Selalu Berhemat Energi SubTema II Manfaat Energi pada siswa kelas IV SDN Saburaka.


Kata Kunci : Model Pembelajaran NHT, Manfaat Energi, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Evonia Mali Marques - Personal Name
Student ID
1701140117
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mar P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA