Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Dalam Pembelajaran Tema II Selalu Berhemat Energi Sub Tema II Manfaat Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Saburaka Kabupaten Belu
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Numbered head together (NHT) pada tema 2 selalu berhemat energi, sub tema 2 manfaat energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Saburaka. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SDN Saburaka. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 15 orang. Dengan rincian siswa laki-laki 8 orang siswa perempuan 7 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SDN Saburaka, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I sebanyak 6 siswa (40%) dari 15 siswa subjek yang tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan guru, selalu berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok siswa sesuai langkah-langkah model NHT,tidak menggangu teman yang lain, sedangkan 9 orang lainnya dari 15 subjek (60%) tidak mencapai standar ketuntasan karena siswa tidak memperhatikan penjelasan guru lebih banyak bermain, kurang berpartisipasi aktif dalam mengerjakan tugas kelompok. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni dari 15 subjek, semua siswa tuntas dengan presentase nilai 100% karena siswa mulai fokus memperhatikan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, berani untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru, aktif dalam kerja kelompok sesuai langkah-langkah model NHT.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema II Selalu Berhemat Energi SubTema II Manfaat Energi pada siswa kelas IV SDN Saburaka.
Kata Kunci : Model Pembelajaran NHT, Manfaat Energi, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Evonia Mali Marques - Personal Name
|
Student ID |
1701140117
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Mar P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |