Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Mabaruju Petani Usaha Minuman Tradisional Beralkohol Atau Sopi Di Kelurahan Watu Nggene Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Mabaruju Petani Usaha Minuman Tradisional Beralkohol Atau Sopi Di Kelurahan Watu Nggene Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi komponen lingkungan geografis yang mendorong usaha minuman tradisional beralkohol atau sopi di daerah penelitian; (2) mengetahui proses produksi dan cara pemasaran minuman tradisional beralkohol atau sopi di daerah penelitian; (3) mengetahui program pemberdayaan petani usaha minuman tradisional beralkohol atau sopi dalam memperoleh modal usaha, dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya di daerah penelitian; dan (4) menganalisis kondisi sosial ekonomi petani usaha minuman tradisional beralkohol atau sopi di daerah penelitian.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu jenis penelitian yang memiliki tujuan guna menjelaskan secara spesifik suatu gejala, peristiwa, yang terjadi pada saat sekarang atau masalah aktual dengan menggunakan data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Mabaruju petani usaha minuman tradisional beralkohol atau sopi di Kelurahan Watu Nggene sebanyak 51 kepala keluarga. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data: kuesioner, wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data: deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) komponen lingkungan geografis yang mendorong usaha minuman tradisional beralkohol atau sopi di daerah penelitian adalah komponen lingkungan fisik, lingkungan hayati, lingkungan manusia, dan aksesibilitas wilayah setempat; (2) proses produksi: nira, memasak nira dan penyulingan; cara pemasaran sopi di daerah penelitian: dari petani sopi menjual atau mengantarkan langsung ketempat pembeli dan kedua para pembeli bisa langsung datang membeli di tempat produksi; (3) program pemberdayaan petani usaha minuman tradisional beralkohol atau sopi dalam memperoleh modal usaha belum dilakukan; dan (4) kondisi sosial ekonomi komunitas Masyarakat Mabaruju petani usaha minuman tradisional beralkohol di Kelurahan Watu Nggene perlu peningkatan untuk masa mendatang; aspek kearifan lokal tetap dipertahankan.


Detail Information

Item Type
Penulis
DIKSENMAN TODA - Personal Name
Student ID
1601100142
Dosen Pembimbing
MIKAEL SAMIN - 196209181990031003 - Dosen Pembimbing 1
Natalia Adel H. N Mari - 199307272019032029 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mikael Samin - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Natalia Adel H. N Mari - 199307272019032029 - Penguji 1
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN GEOGRAFI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 TOD K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA