Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di Kelas V SDI Balela
XMLRumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa tentang sistem peredaran darah pada manusia? Penelitian ini dilakukan di kelas V SDI Balela. metode penelitian yang digunakan adalah statistic kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental design jenis one-gorup pretet-posttest. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas V SDI Balela yang berjumlah 23 siswa yang diperoleh dengan teknik sampel jenuh. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang terdiri dari 20 butir soal dengan bentuk pilihan ganda. Hasil perhitungan validitas menunjukan nilai rhitung untuk setiap butir soal lebih besae dari rtabel (0,41) sehingga instrument soal yang digunakan mendapat data valid. Hasil perhitungan reliabilitas butir soal dengan menggunakan rumus KR20 diperoleh r11 =0,9 sehingga isntrumen soal tersebut dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil perhitungan uji normalitas data pretest = 3.012 < 11.07 sedangkan data posttest = 3.43 < 11.07. diketahui bahwa data pretest dan posttest hasil belajar siswa memiliki nilai X2hitung < X2tabel, sehingga data tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.65 < 2.05, sehingga data tersebut bersifat homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 13.71 dan ttabel = 2.07. hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya 13.71 > 2.07, sehingga hipotesis alternative yang diajukan dapat diterima yaitu model Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tentang sistem peredaran darah pada manusia di kelas V SDI Balela.
Kata kunci : Model Numbered Head Together, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Brigitha Elviana Diaz - Personal Name
|
Student ID |
1701140055
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Dia P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |