Tren Blended Learning untuk Pengembangan Keterampilan Berpikir Matematika Siswa

Detail Cantuman

Skripsi

Tren Blended Learning untuk Pengembangan Keterampilan Berpikir Matematika Siswa

XML

ABSTRAK
Tren Blended Learning untuk Pengembangan Keterampilan Berpikir Matematika Siswa
Maria Shelyn Fobia (1701030006), Pembimbing I, Dra. Juliana M. H. Nenohai, M.Pd; Pembimbing II, Dr. Damianus Dao Samo
Review ini bertujuan untuk Mendeskripsikan model, karakteristik, dan desain blended learning, Mendeskripsikan tren penelitian blended learning dalam mendukung pengembangan keterampilan berpikir matematika siswa serta memberikan rekomendasi blended lerning dalam mendukung pengembangan keterampilan berpikir matematika siswa di masa depan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode review artikel yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu mengidentifikasi kata kunci yang berkaitan dengan blended learning dalam pengembangan keterampilan berpikir matematis, strategi pencarian artikel, dan menganalisis artikel.
Blended learning adalah penggabungan pola pembelajaran, antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Tren Blended learning dilakukan dengan pembelajaran online dan tatap muka di kelas dilakukan secara bergantian (model rotation), menggunakan berbagai LMS. Hasil analisis artikel menunjukkan bahwa tahapan blended learning dapat mengembangkan keterampilan berpikir matematis siwa yaitu tahap seeking of information siswa diarahkan untuk berpikir kritis. Pada tahap ini siswa lebih termotivasi dan mandiri dalam mencari atau mengakses materi secara online. Kemudian pada tahap acquisition of information dan synthesizing of knowledge, siswa diarahkan untuk memacahkan masalah, menggunakan keterampilan pemahaman matematis, bernalar, keterampilan koneksi dan representasi, komunikasi dan kolaborasi, serta berpikir kritis melalui diskusi, presentasi, dan pengerjaan latihan soal. Selain itu siswa terlihat lebih antusias dan termotivasi karena disesuaikan dengan gaya belajar dan kecepatan belajarnya serta siswa diarahkan untuk mandiri dalam mempelajari materi.
Peneliti merekomendasikan desain blended learning dengan menggunakan model flipped classroom dengan pembelajaran online menggunakan LMS moodle yang setiap tahapan blended learning, siswa diarahkan untuk mengandalkan keterampilan berpikir matematis.
Kata kunci: Blended learning dan keterampilan berpikir matematika


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Shelyn Fobia - Personal Name
Student ID
1701030006
Dosen Pembimbing
Penguji
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Fob T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA