Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Tentang Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas V SDI Loonuna
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN tentang Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas V SD Inpres Loonuna. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif dengan subyek berjumlah 15 orang dengan rincian siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 7 orang.
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Loonuna dengan hasil menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa adalah 66,66% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,66%. Selisih kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 20,52%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan dimana ≥80% siswa mendapatkan nilai ≥70.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar PKN tentang nilai-nilai pancasila pada siswa kelas V SDI Loonuna.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Liliana Elisabeth Loko - Personal Name
|
Student ID |
1701140056
|
Dosen Pembimbing |
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Lok P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |