Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match (ICM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SDK Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka
XMLpenelitian ini bertujuan untuk memperoleh data sejauh mana penerapan model pembelajaran aktif tipe index card match (ICM)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V SDK Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian tindakan kelas (classroom action research) dengan 2 siklus yang dilaksanakan yaitu terdiri dari 4 tahap 1 pelaksanaan, 2 perencanaan, 3 observasi, 4 refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, studi dokumentasi, dan tes pada setiap siklus
Data dikumpulkan melalui lembar observasi, studi dokumentasi, dan tes pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 11 perempuan dan 9 laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan tes. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dengan menganalisi data deskripstif kualitatif. Hasil penelitian dalam siklus I dengan nilai rata-rata kelas 57,99 meningkat menjadi 68,65 dan pada siklus II terjadi peningkatakan hasil belajar siswa 86,63 sedangkan penilaian terhadap aktivitas siswa pada penilaian siklus I terhadap aktivitas siswa pada siklus I 62,25 Dan Terjadi Peningkatan Pada Siklus II Yaitu 93,5 sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran yang dilaksanakan dalam penerapan model pembelajaran aktif tipe index card match (ICM) dapat Mingkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SDK Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. pra siklus I presentasi ketuntasan sebesar 65% sedangkan pada Pra siklus II dengan nilai rata-rata 100%. Sehingga dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran index card match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn di kelas V SDK Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif index card match (ICM). Hasil Belajar, PPKn.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Frida Hoar Bere - Personal Name
|
Student ID |
1701140124
|
Dosen Pembimbing |
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ber P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |