Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match (ICM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SDK Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match (ICM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SDK Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka

XML

penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data sejauh mana penerapan model pembelajaran aktif tipe index card match (ICM)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V SDK Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian tindakan kelas (classroom action research) dengan 2 siklus yang dilaksanakan yaitu terdiri dari 4 tahap 1 pelaksanaan, 2 perencanaan, 3 observasi, 4 refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, studi dokumentasi, dan tes pada setiap siklus
Data dikumpulkan melalui lembar observasi, studi dokumentasi, dan tes pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 11 perempuan dan 9 laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan tes. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dengan menganalisi data deskripstif kualitatif. Hasil penelitian dalam siklus I dengan nilai rata-rata kelas 57,99 meningkat menjadi 68,65 dan pada siklus II terjadi peningkatakan hasil belajar siswa 86,63 sedangkan penilaian terhadap aktivitas siswa pada penilaian siklus I terhadap aktivitas siswa pada siklus I 62,25 Dan Terjadi Peningkatan Pada Siklus II Yaitu 93,5 sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran yang dilaksanakan dalam penerapan model pembelajaran aktif tipe index card match (ICM) dapat Mingkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SDK Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. pra siklus I presentasi ketuntasan sebesar 65% sedangkan pada Pra siklus II dengan nilai rata-rata 100%. Sehingga dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran index card match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn di kelas V SDK Haitimuk Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif index card match (ICM). Hasil Belajar, PPKn.


Detail Information

Item Type
Penulis
Frida Hoar Bere - Personal Name
Student ID
1701140124
Dosen Pembimbing
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ber P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA