Skripsi
Analaisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model
pembelajaran Inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kempuan berpikir kreatif
siswa. Jenis penelitian ini kajian pustaka atau studi literatur. Pada penelitian ini
ingin mengkaji tentang krakteristik dari model pembelajaran Inkuiri terbimbing,
sintaks model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap indikator kemampuan
berpikir kreatif siswa, dan bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran
Inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Model inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang mengikut sertakan
siswa dalam mengajukan pertanyaan, mencari informasi, dan melakukan
penyelidikan. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangkan
kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menempatkan peserta didik berperan
secara aktif dalam proses pembelajaran yang dihadapkan dengan situasi
permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (illstructured). Kemampuan berpikir
kreatif merupakan sebuah proses yang melibatkan unsur-unsur orisinalitas,
kelancaran, fleksibelitas, dan elaborasi. Hal tersebut menunjukan bahwa
kemampuan berpikir kretif dapat mengembangkan daya pikir yang mencakup
wawasan dengan unsur yang luas, dengan bagitu siswa dapat mengelesaikan
setiap permasalahan yang di hadapi. Berdasarkan hasil pengkajian yang telah
dilakukan pada kelima jurnal menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri
terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir
kreatif.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Delinto Liunesi - Personal Name
|
Student ID |
1701050076
|
Dosen Pembimbing |
Kadek Ayu Astiti, S.Pd., M.Pd - 19880928 201404 2 002 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Dr. I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Ketua Penguji
Kadek Ayu Astiti - 198809282014042002 - Penguji 1 Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Liu A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |