Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Kupang

XML

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Kupang
Yesri Jesika Teikuar (1701030077), Pembimbing 1, Dra. Juliana M. H. Nenohai, M.Pd.; Pembimbing II, Dr. Damianus D. Samo
Teknologi di bidang pendidikan menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menciptakan media pembelajaran berbasis teknologi dengan memanfaatkan smartphone android. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Android menggunakan smart apps creator pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Kupang yang valid, praktis dan efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan media pembelajaran interaktif adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis studi lapangan, teknik analisis kevalidan, teknik analisis kepraktisan dan teknik analisis keefektifan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan yang valid, praktis dan efektif .Rata-rata total kevalidan oleh ahli materi adalah 4.58 , praktisi adalah 4.65 serta ahli media adalah 4.25, dengan kategori “sangat valid”. Rata-rata total kepraktisan dari guru adalah 4.75 dan peserta didik dimana pada uji coba kelas kecil adalah 4.63, pada uji coba kelas besar adalah 4.43 dengan kategori “sangat praktis”. Persentase ketuntasan pada uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 100 % dengan kategori “sangat efektif”, pada uji coba kelompok besar diperoleh hasil 81.25%, sehingga media pembelajaran berbasis android sangat layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Android, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.


ABSTRACT
Development of Android-Based Mathematics Learning Media Using Smart Apps Creator on Two Variable Linear Equation System Materials for Class VIII SMP Negeri 2 Kupang City
Yesri Jesika Teikuar (1701030077), 1st Supervisor, Dra. Juliana MH Nenohai, M.Pd.; 2nd Supervisor, Dr. Damianus D. Samo
Technology in education requires teachers to be more creative in creating technology-based learning media by utilizing smartphones android. Therefore, this study aims to develop an-based mathematics learning media android using smart apps creator on the material of a two-variable linear equation system in class VIII students of SMP Negeri 2 Kupang City that is valid, practical and effective.
The method used in this research is the Research and Development (R & D) as well as the model used in the process of developing interactive learning media is a development model ADDIE which consists of five stages: analysis, design, development, implementation and evaluation. Data collection techniques and instruments used were interviews, questionnaires and tests. Data analysis techniques used are field study analysis techniques, validity analysis techniques, practicality analysis techniques and effectiveness analysis techniques.
The results showed that the developed learning media met the eligibility criteria that were valid, practical and effective. The average total validity by material experts was 4.58, practitioners were 4.65 and media experts were 4.25, with the "very valid" category. The average total practicality of the teacher is 4.75 and the students where in the small class trial is 4.63, in the large class trial is 4.43 with the "very practical" category. The percentage of completeness in the small group trial obtained 100% results with the "very effective" category, in the large group trial the results were 81.25%, so android-based learning media was very feasible to use.
Keywords: Development, Android-based Learning, Two Variable Linear Equation System.


Detail Information

Item Type
Penulis
Yesri Jesika Teikuar - Personal Name
Student ID
1701030077
Dosen Pembimbing
Penguji
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Tei P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA