Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Pola Bilangan untuk Siswa Kelas VIII SMPK Kristen Tunas Gloria.

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Pola Bilangan untuk Siswa Kelas VIII SMPK Kristen Tunas Gloria.

XML

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Pola Bilangan untuk Siswa Kelas VIII SMPK Kristen Tunas Gloria.

Jeli Pitropoli Adu (1701030013), Pembimbing I, Dra. Juliana M.H. Nenohai, M.Pd.; Pembimbing II, Drs. Dominikus Saka Kerans, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Android menggunakan Smart Apps Creator pada materi pola bilangan untuk siswa kelas VIII SMPK Kristen Tunas Gloria untuk mengetahui kelayakan Media yang meliputi 3 aspek yaitu valid, praktis dan efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan media adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, teknik analisis kepraktisan dan teknik analisis keefektifan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran materi Pola Bilangan untuk siswa kelas VIII di SMPK Kristen Tunas Gloria. Hasil kelayakan media tersebut diperoleh dari penilaian ahli materi dengan rata-rata 4.53 dan penilaian ahli media 4.4 sehingga dikategorikan “valid”, respon guru mata pelajaran dengan rata-rata hasil respon yaitu 4.8, respon dari siswa kelas kecil adalah 4.51 dan kelas besar adalah 4.44 sehingga termasuk dalam kategori “praktis”, serta hasil tes ketuntasan belajar kelas kecil diperoleh hasil persentase kelulusan sebesar 83.3% dan kelas besar diperoleh hasil persentase kelulusan sebesar 85% sehingga berdasarkan hasil tes ketuntasan belajar siswa, media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori “efektif”.

Kata Kunci: Android, Media pembelajaran, Pola Bilangan.

ABSTRACT

Development of Android-Based Mathematics Learning Media Using Smart Apps Creator on Number Pattern Material for Class VIII Students of SMPK Kristen Tunas Gloria.

Jeli Pitropoli Adu (1701030013), Advisor I, Dra. Juliana M.H. Nenohai, M.Pd.; Advisor II, Drs. Dominikus Saka Kerans, M.Pd
.
This study aims to develop and produce products in the form of Android-based learning media using Smart Apps Creator on number pattern material for class VIII students of SMPK Kristen Tunas Gloria to determine the feasibility of the media which includes 3 aspects, namely valid, practical and effective.
The method used in this study is the Research and Development (R&D) method and the model used in the media development process is the ADDIE development model which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The data collection techniques and instruments used were observation, questionnaires and tests. Data analysis techniques used are validity analysis techniques, practicality analysis techniques and effectiveness analysis techniques.
The results showed that the android-based learning media that was developed was suitable for use in learning the Number Pattern material for class VIII students at SMPK Kristen Tunas Gloria. The results of the media feasibility were obtained from the material expert assessment with an average of 4.53 and the media expert assessment 4.4 so that it was categorized as "valid", the subject teacher's response with an average response result was 4.8, the response from the small class students was 4.51 and the large class is 4.44 so that it is included in the "practical" category, as well as the results of the small class learning mastery test results obtained by the passing percentage of 83.3% and the large class obtaining the passing percentage of 85% so that based on the results of the student learning mastery test, the learning media developed is included in the " effective".

Keywords: Android, Learning media, Number Pattern.


Detail Information

Item Type
Penulis
Jeli Pitropoli Adu - Personal Name
Student ID
1701030013
Dosen Pembimbing
Penguji
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Adu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA