Eksplorasi Etnomatematika pada Aktivitas Menganyam dalam Masyarakat Mollo Utara dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

Detail Cantuman

Skripsi

Eksplorasi Etnomatematika pada Aktivitas Menganyam dalam Masyarakat Mollo Utara dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

XML

sehingga penulis akan melakukan penelitian dengan tujuan penelitian mendeskripsikan etnomatematika yang terdapat dalam aktivitas menganyam di Mollo Utara dan mendeskripsikan integrasi matematika dari hasil eksplorasi etnomatematika pada aktivitas menganyam di kecamatan Mollo Utara.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif eksploratif dengan desain penelitian etnografi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Model Miles dan Huberman. Analisis data yang dilakukan berdasarkan data teks dan juga data gambar yang dilakukan pada saat observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian disajikan berdasarkan karakteristik etnomatematika yang meliputi: Menghitung, Melokalisir, Mengukur, Merancang, Permainan, dan Menjelaskan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika dalam aktivitas menganyam dalam masyarakat Mollo Utara ditemukan aktivitas menghitung, mengukur, merancang dan menjelaskan. Konsep matematika yang terkait dengan etnomatematika pada aktivitas menganyam masyarakat Mollo Utara antara lain bilangan dan basis bilangan (desimal), pecahan, penjumlahan, perkalian, barisan aritmatika, perbandingan, pengukuran, transformasi geometri, geometri, pola bilangan, dan bilangan polindromik.
Kata Kunci: etnomatematika, menganyam, Mollo, konsep matematika


Detail Information

Item Type
Penulis
Sadelmarunu Nenibell Sae - Personal Name
Student ID
1601030029
Dosen Pembimbing
Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Penguji 1
Ofirenty Elyada Nubatonis,M.Pd- 19861029 201903 2 010 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Sae E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA