Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Ctl Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Tav Smkn 1 Wewewa Barat Sumba Barat Daya
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui adakah
pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar peserta didik mata
pelajaran dasar listrik dan elektronika pada kelas X TAV SMKN 1 Wewewa Barat
Sumba Barat Daya; (2) Untuk mengetahui bagimana perbedaan dari pengeruh
penggunaan model pembelajaran CTL dan model pembelajaran lain (discovery
learning) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran dasar listrik dan
elektronika kelas X TAV SMKN 1 Wewewa Barat Sumba Barat Daya.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Design
dengan rancangan penelitian yang digunakan yakni Nonequivalent Control Group
Design, dimana pemilihan kelompok eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara
random. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda sebanyak
20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis
dengan uji mormalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan
uji regresi linear sederhana dan uji-T.
Hasil penelilitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model
pembeljaran CTL terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran dasar listrik
dan elektronika pada kelas X TAV SMKN 1 Wewewa diperoleh persamaan Y=
16,450 + 0,872X dan nampak bahwa nilai sig < α (0,000 < 0,005) ; (2). Hasil uji
Independent Sampel T-test diperoleh thitung = 3,796 dan didapatkan ttabel 2,002
dengan df = 58, maka dapat dilihat bahwa nilai thitung > ttabel (3,796 > 2,002).
Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan dari pengaruh penggunaan
model pembelajaran CTL dan model pembelajaran lain (discovery learning)
terhadap hasil pelajar peserta didik pada mata pelajaran dasar listrik dan
elektronika kelas X TAV SMKN 1 Wewewa Barat
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
LUSIA H.N SERAN GORAN - Personal Name
|
Student ID |
1701130004
|
Dosen Pembimbing |
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
FRANS F. G. RAY - 197406052006041001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
FRANS F. G. RAY - 197406052006041001 - Penguji 1 CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
83201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Tekanik Elektro
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
202.01 GOR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |