Pengaruh Model Pembelajaran Ctl Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Tav Smkn 1 Wewewa Barat Sumba Barat Daya

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Ctl Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Tav Smkn 1 Wewewa Barat Sumba Barat Daya

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui adakah
pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar peserta didik mata
pelajaran dasar listrik dan elektronika pada kelas X TAV SMKN 1 Wewewa Barat
Sumba Barat Daya; (2) Untuk mengetahui bagimana perbedaan dari pengeruh
penggunaan model pembelajaran CTL dan model pembelajaran lain (discovery
learning) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran dasar listrik dan
elektronika kelas X TAV SMKN 1 Wewewa Barat Sumba Barat Daya.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Design
dengan rancangan penelitian yang digunakan yakni Nonequivalent Control Group
Design, dimana pemilihan kelompok eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara
random. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda sebanyak
20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis
dengan uji mormalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan
uji regresi linear sederhana dan uji-T.
Hasil penelilitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model
pembeljaran CTL terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran dasar listrik
dan elektronika pada kelas X TAV SMKN 1 Wewewa diperoleh persamaan Y=
16,450 + 0,872X dan nampak bahwa nilai sig < α (0,000 < 0,005) ; (2). Hasil uji
Independent Sampel T-test diperoleh thitung = 3,796 dan didapatkan ttabel 2,002
dengan df = 58, maka dapat dilihat bahwa nilai thitung > ttabel (3,796 > 2,002).
Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan dari pengaruh penggunaan
model pembelajaran CTL dan model pembelajaran lain (discovery learning)
terhadap hasil pelajar peserta didik pada mata pelajaran dasar listrik dan
elektronika kelas X TAV SMKN 1 Wewewa Barat
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
LUSIA H.N SERAN GORAN - Personal Name
Student ID
1701130004
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
FRANS F. G. RAY - 197406052006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
FRANS F. G. RAY - 197406052006041001 - Penguji 1
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Tekanik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
202.01 GOR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA