Hubungan Antara Pemberian Motivasi Dari Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Kemandirian Siswa Di SMA Negeri 1 Komodo

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Antara Pemberian Motivasi Dari Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Kemandirian Siswa Di SMA Negeri 1 Komodo

XML

Kata Kunci: : Pemberian Motivasi dari Guru BK dalam Layanan Klasikal,
kemandirian Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemberian motivasi
dari guru Bimbingan dan Konseling dalam layanan klasikal di SMA Negeri 1
Komodo serta gambaran kemandirian siswa di SMA Negeri 1 Komodo dan untuk
mengetahui ada hubungan antara pemberian motivasi dari guru Bimbingan dan
Konseling dalam Layanan Bimbingan Klasikal dengan Kemandirian siswa di
SMA Negeri 1 Komodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
antara pemberian motivasi dari guru bimbingan dan konseling dalam layanan
bimbingan klasikal dengan kemandirian siswa di SMA Negeri 1 Komodo.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional, lokasi penelitian ini pada siswa SMA Negeri 1 Komodo Jalan
Cowang Dereng, Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat,
Provinsi Nusa Tenggara Timur. Waktu penelitian ini  2 bulan. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 112 siswa. Variabel penelitian ini yaitu variabel bebas
pemberian motivasi dari guru Bimbingan dan Konseling dalam layanan
bimbingan klasikal dan variabel terikat yaitu kemandirian siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kusioner dengan
menggunakan teknik analisis data korelasi Product Moment.
Hasil penelitian ini meliputi gambaran pemberian motivasi dari guru
Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Bimbingan Klasikal diperoleh melalui
4 kategori, yaitu sangat kuat 14% yakni 16 orang siswa kategori kuat 86 % yakni
95 orang siswa kategori tidak kuat 0 % dan kategori sangat tidak kuat 0%, maka ,
dominan pada tingkat kuat dengan presentase 86 % sebanyak 95 orang siswa.
Gambaran kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 1 Komodo diperoleh melalui
4 kategori yaitu, sangat mandiri 20% yakni 22 orang siswa, mandiri 75% yakni 84
orang siswa, tidak mandiri 5% yakni 6 orang siswa, dan sangat tidak mandiri 0%,
dominan atau lebih banyak memiliki sikap mandiri 75% yakni 84 orang siswa.
Hasil uji hubunga korelasi dapat disimpulkan bahwa terdapat signifikan 0,492 dan
berada pada level signifikansi 0,05 dengan N = 112 adalah 0,1857. Dengan
demikian r hitung > r tabel maka 0,492 > 0,1857. Disini dapat diartikan bahwa Ha
diterima karena memiliki korelasi yang signifikan dengan kata lain adanya
hubungan antara pemberian motivasi dari guru bimbingan dan konseling dalam
layanan bimbingan klasikal dengan kemandirian belajar siswa SMA Negeri 1
Komodo.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA JANUARTI NANUR - Personal Name
Student ID
1701160104
Dosen Pembimbing
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Ketua Penguji
Andriani Paulin Nalle - 198304142008122004 - Penguji 1
Uda Geradus - 195812311986031021 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
BIMBINGAN KONSELING
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 NAN H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA