Eksplorasi Etnomatematika dalam Aktivitas Menenun di Kecamatan Amarasi Barat dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

Detail Cantuman

Skripsi

Eksplorasi Etnomatematika dalam Aktivitas Menenun di Kecamatan Amarasi Barat dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

XML

Aktivitas menenun merupakan salah satu aktivitas yang lazim dilakukan oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur khususnya di kecamatan Amarasi Barat. Aktivitas menenun ini kaya akan konsep-konsep matematika, sehingga penulis akan melakukan penelitian dengan tujuan penelitian mendeskripsikan etnomatematika yang terdapat dalam aktivitas menenun di kecamatan Amarasi Barat dan mendeskripsikan integrasi matematika dari hasil eksplorasi etnomatematika pada aktivitas menenun di kecamatan Amarasi Barat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif eksploratif dengan desain etnografi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model interktif. Analisis data yang dilakukan berdasarkan data teks dan juga data gambar yang dikumpulkan pada saat observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian disajikan berdasarkan karakteristik etnomatematika yakni Counting (menghitung), Locating (melokalisir, menentukan), Measuring (mengukur), Designing (merancang, menciptakan), Playing (permainan) dan Explaining (menjelaskan). Pada aktivitas menghitung (counting) terdapat konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang yang terlihat dalam aktivitas menghitung banyaknya gulungan benang dan juga pada aktivitas menghitung banyaknya helai benang, aktivitas mengukur (measuring) terdapat konsep satuan tidak baku yang terlihat dalam aktivitas mengukur panjang dan lebar sebuah kain, aktivitas membandingkan dan menjelaskan (explaining) terdapat konsep logika matematika yang nampak dalam ungkapkan penenun berkaitan dengan penentuan harga kain dan juga waktu yang dibutuhkan penenun untuk menghasilkan sebuah kain, aktivitas merancang (designing) terdapat konsep geometri dan transformasi geometri yang dapat ditemukan dalam bentuk motif-motif dan juga alat-alat yang digunakan dalam proses menenun.
Kata Kunci : Aktivitas Menenun, Budaya, Eksplorasi, Etnomatematika, Pembelajaran Matematika


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601030052
Dosen Pembimbing
kerans - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
wara sabon - - Penguji 1
Drs. Dominikus Saka Kerans, M.Pd - 195708051986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Penenun - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Lan E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA