Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Detail Cantuman

Skripsi

Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Menengah Pertama

XML

Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Cinthya Eviollin Annastya Nguru (1701030003), Pembimbing I, Dr. Christine Khrisnandari Ekowati, M.Si; Pembimbing II, Dr. Damianus Dao Samo

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep kemampuan spasial matematis, mendeskripsikan penerapan kemampuan spasial matematis dalam pembelajaran matematika bagi siswa di Sekolah Menengah Pertama, serta mendeskripsikan desain pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa SMP pada materi geometri. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kajian pustaka, yang digunakan dengan menelusuri berbagai artikel yang berkaitan dengan kemampuan spasial matematis siswa dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP.
Kemampuan spasial matematis merupakan kemampuan siswa dalam mempersepsi objek melalui panca indra, memanipulasi, menghubungkan secara logis dan rasional unsur-unsur dari suatu objek, dan mentransformasikan objek dalam ruang secara tepat dan akurat. Model atau strategi pembelajaran yang tepat merupakan faktor penting dalam membantu siswa untuk menerapkan dan meningkatkan kemampuan spasial siswa dalam pembelajaran geometri di kelas. Desain pembelajaran yang digunakan merupakan pembelajaran berbasis masalah yang membuat siswa melakukan penyelidikan secara langsung terhadap sifat-sifat dan berbagai unsur dalam geometri khususnya pada bangun ruang.

Kata kunci : Kemampuan Spasial Matematis






ABSTRACT

Student’s Mathematical Spatial Ability in Mathematics Learning at The Junior High School Level

Cinthya Eviollin Annastya Nguru (1701030003), 1st Supervisor,Dr. Christine Khrisnandari Ekowati, M.Si; 2ndSupervisor, Dr. Damianus Dao Samo
The aims of this study are to describe the concept of mathematical spatial ability, describe the application of mathematical spatial ability in mathematics learning for students at junior high school, and describe the learning design to improve mathematical spatial ability of junior high school students on geometry matter. The method used in this paper is a library research, which is used by tracing various articles related to students’ mathematical spatial abilities in learning mathematics at the junior high school level.
Mathematical spatial ability is the ability of students in perceiving objects through the five senses, manipulating, connecting logically and rationally the elements of an object, and transforming objects in space precisely and accurately. The appropriate learning model or strategy is an important factor in helping students to apply and improve their spatial abilities in learning geometry during class running. The learning design used is a problem-based learning that makes students conduct direct investigations of the properties and various elements in geometry, especially in the form of space.

Keyword : Mathematical Spatial Ability


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701030003
Dosen Pembimbing
Penguji
Ofirenty Elyada Nubatonis,M.Pd- 19861029 201903 2 010 - - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Ngu K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA