Skripsi
Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Menengah Pertama
XMLKemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Menengah Pertama
Cinthya Eviollin Annastya Nguru (1701030003), Pembimbing I, Dr. Christine Khrisnandari Ekowati, M.Si; Pembimbing II, Dr. Damianus Dao Samo
Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep kemampuan spasial matematis, mendeskripsikan penerapan kemampuan spasial matematis dalam pembelajaran matematika bagi siswa di Sekolah Menengah Pertama, serta mendeskripsikan desain pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa SMP pada materi geometri. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kajian pustaka, yang digunakan dengan menelusuri berbagai artikel yang berkaitan dengan kemampuan spasial matematis siswa dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP.
Kemampuan spasial matematis merupakan kemampuan siswa dalam mempersepsi objek melalui panca indra, memanipulasi, menghubungkan secara logis dan rasional unsur-unsur dari suatu objek, dan mentransformasikan objek dalam ruang secara tepat dan akurat. Model atau strategi pembelajaran yang tepat merupakan faktor penting dalam membantu siswa untuk menerapkan dan meningkatkan kemampuan spasial siswa dalam pembelajaran geometri di kelas. Desain pembelajaran yang digunakan merupakan pembelajaran berbasis masalah yang membuat siswa melakukan penyelidikan secara langsung terhadap sifat-sifat dan berbagai unsur dalam geometri khususnya pada bangun ruang.
Kata kunci : Kemampuan Spasial Matematis
ABSTRACT
Student’s Mathematical Spatial Ability in Mathematics Learning at The Junior High School Level
Cinthya Eviollin Annastya Nguru (1701030003), 1st Supervisor,Dr. Christine Khrisnandari Ekowati, M.Si; 2ndSupervisor, Dr. Damianus Dao Samo
The aims of this study are to describe the concept of mathematical spatial ability, describe the application of mathematical spatial ability in mathematics learning for students at junior high school, and describe the learning design to improve mathematical spatial ability of junior high school students on geometry matter. The method used in this paper is a library research, which is used by tracing various articles related to students’ mathematical spatial abilities in learning mathematics at the junior high school level.
Mathematical spatial ability is the ability of students in perceiving objects through the five senses, manipulating, connecting logically and rationally the elements of an object, and transforming objects in space precisely and accurately. The appropriate learning model or strategy is an important factor in helping students to apply and improve their spatial abilities in learning geometry during class running. The learning design used is a problem-based learning that makes students conduct direct investigations of the properties and various elements in geometry, especially in the form of space.
Keyword : Mathematical Spatial Ability
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Cinthya Eviollin Annastya Nguru - Personal Name
|
Student ID |
1701030003
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Ofirenty Elyada Nubatonis,M.Pd- 19861029 201903 2 010 - - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Ngu K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |