Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-Sifat Bunyi Di Kelas IV SD Inpres Ledeana Sabu Raijua

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-Sifat Bunyi Di Kelas IV SD Inpres Ledeana Sabu Raijua

XML

Skripsi oleh Haris Alexander Ratu. PGSD.2021denganjudul“Pengaruh model inkuiri terhadap hasil belajar IPA materi Sifat-sifat bunyi kelas IV SD Inpres Ledeana”.Rumusanmasalahpenelitianiniadalah:apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajarn inkuiri terhadap hasil belajar IPA tentang Sifat-sifat bunyi di Kelas IV SD Inpres Ledeana? Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pada materi tentang sifat-sifat bunyi di kelas IV SD Inpres Ledeana.
Instrumen pengukuran hasil belajar berupa test pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti. Sebelum digunakan, instrument divalidasi isi dan analisis item setelah uji coba. Reliabilitas tes menunjukan nilai alphacronbach’s sebesar 0.911 sehingga layak untuk digunakan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitupre- experimentaldesigns (nondesigns)secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-groupprettes- posttesdesign. Subjek penelitian berjumlah berjumlah 19 orang. Terdiri dari satu kelas eksperimen, siswa kelas IV SD Inpres Ledeana, tahun angkatan 2021/2022. Analisis data dilakukan melalui tahapan(1) uji prasyaratan alisis yang meliputi ujinormalitas dan uji homogenitas,dan (2) ujihipotesis penelitian,yang dilakukan dengan teknik analisis statistic paired samples test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum siswa di beri perlakuan (pretest) dan sesudah diberiperlakuan(posttest). Iniberarti bahwa model pembelajaran inkuiri ternyata mempunyai pengaruh yangsignifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sifay-sifat bunyi kelas IV SD Inpres Ledeana Hal ini dapat dibuktikan pada hasil perhitungan uji-t memiliki nilai t test sebesar 7.818 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan d.b. (derajat kebebasan) 18 adalah 1.7341. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata hasil belajar pada saat pretest dan posttest, saat pretest nilai rata-rata(mean) sebesar 54.47 kemudian pada saat posttest terjadi peningkatan rata-rata (mean) menjadi 75.78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata peningkatan adalah21.316. Peningkatan tersebut juga dapat dilihat dari nilai signifikan pada uji t lebih kecil dari 0.05 yaitu 0,000. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa tentang sifat-sifat bunyi di kelas IV SD Inpres Ledeana

Kata Kunci :model pembelajaran inkuiri, hasil belajar, sifat-sifat bunyi.


Detail Information

Item Type
Penulis
Haris Alexander Ratu - Personal Name
Student ID
1701140180
Dosen Pembimbing
Netty E.A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 RAT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA