Perilaku Memilih Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Tahun 2018-2023 (Studi Kasus Di Desa Wato Tika Ile, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Perilaku Memilih Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Tahun 2018-2023 (Studi Kasus Di Desa Wato Tika Ile, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur)

XML

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi Penelitian di Desa Wato Tika Ile, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur dengan fokus penelitian mengenai Perilaku Memilih Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Tahun 2018-2023 di Desa Wato Tika Ile, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Wato Tika Ile yang tersebar di 3 dusun dengan jumlah informanya adalah 14 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan dan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data secara analisis deskriptif yakni Reduksi Data (Reduction Data), Penyajian Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan (Concluting Drawing). Hasil penelitin menunjukan bahwa Perilaku Pemilih Masyarakat Desa Wato Tika Ile ditemukan bahwa ada dua pendekatan yang mempengaruhi perilaku pemilih masyrakat. Yakni pendekatan sosiologi dikarenakan masyrakat memilih cendrung menimbang pada faktor Kedekatan Kelurga, faktor usia, dan ketokohan kandidat serta pendekatan Psikologi dikarenakan perilaku pemililih masyrakat Desa Wato Tika Ile juga cendrung memilih berdasarkan pada faktor kepercayaan pada pasangan calon, Visi- Misi pasangan calon, yang dimana visi-misi itu menjawab segala persolan di NTT tentang mengatasi kemiskinan, pembagunan Infrastruktur dan reformasi birokrasi. Saran-saran yang dapat penulis berikan adalah untuk partai politik pada pemilihan gubernur Nusa Tenggara Timur berikutnya agar selektif mengusung kader yang berkompetisi dan mempunyai visi-misi serta `program kerja yang pro rakyat dan selalu bijak dalam menenntukan pilihannya, harus mengutamakan pendekatan Rasional dalam menentukan pilihannya agar segalah keresahan masalah di Nusa Tenggara Timur dapat terjawab melalui pemimpin yang memiliki visi-misi serta Program kerja yang sesuai dengan persoalan di Nusa Tenggara Timur. Kata Kunci : Perilaku Memilih, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur


Detail Information

Item Type
Penulis
Robertus Lado Poa - Personal Name
Student ID
1603040106
Dosen Pembimbing
SRI CHATUN - 198210222009122004 - Dosen Pembimbing 1
muskana - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sri Chatun - 198210222009122004 - Ketua Penguji
Frans W. Muskanan - 8886423149 - Penguji 1
Yohanes Jimmy Nami - 8888999920 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Poa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA