Skripsi
Peran Guru Agama Dalam Pembentukan Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Dasar Negeri Waiburak Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Agama Dalam Pembentukan Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Dasar Negeri Waiburak Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian desktiptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan studi dokumentasi.
Penelitian dilaksanakan di SDN Waiburak Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa dilakukan dalam 3 aspek yakni (1) aspek mendidik : menanamkan nilai karakter, etika, agama dan moral baik dengan cara disiplin dan tegas. (2) aspek membimbing : mengarahkan siswa menerapkan nilai-nilai melalui pembiasaan dan didikan. (3) aspek model dan teladan yaitu : guru menjadi contoh untuk diteladani melalui tindakan atau perbuatan
Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dalam pembentukan kecerdasan spiritual siswa yang dilakukan oleh peran guru agama di SDN Waiburak yakni peran sebagai pendidik, peran sebagai pembimbing, peran sebagai model dan teladan dapat membentuk kecerdasan spiritual siswa.
Kata kunci : peran guru, kecerdasan, spiritual
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Siti Khamsiah - Personal Name
|
Student ID |
1701140119
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1 BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 KHA P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |