Peran Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) dalam Melaksanakan Fungsi Pengawasan Terhadap Pembangunan Infrastruktur Desa (Studi Kasus Program Pembangunan Irigasi di Desa Noebaun Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2018)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) dalam Melaksanakan Fungsi Pengawasan Terhadap Pembangunan Infrastruktur Desa (Studi Kasus Program Pembangunan Irigasi di Desa Noebaun Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2018)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Badan Pemusyawaratan Desa Dalam melaksanakan fungsi Pengawasan terhadap pembangunan infrastruktur di Desa Noebaun Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Badan Pemusyawaratan Desa dalam melaksanakan fungsi pengawasan terhadap pembangunan infrastruktur di desa Noebaun Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri atas Unsur pemerintah yaitu Kepala Desa Noebaun, Ketua BPD Desa Noebaun, Anggota BPD Desa Noebaun, Aparatur Desa Noebaun dan Pendamping Desa, serta unsur masyarakat yaitu Tokoh masyarakat, Anggota Masyarakat, Kelompok Tani, Tokoh Agama dan Tokoh Adat yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran BPD dalam melaksanakan fungsi pengawasan terhadap program pembangunan infrastruktur di Desa Noebaun belum maksimal dalam pelaksaannya dikarenakan kurangnya pemahaman anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) terhadap tugas dan fungsinya berdasarkan peraturan yang berlaku. Faktor pendukung diantaranya adalah dukungan masyarakat dan pemahaman masyarakat akan manfaat pembangunan. Sedangkan Faktor penghambat BPD dalam melaksanakan pembangunan ialah Sumber Daya Manusia dari BPD yang lemah , Sosialisasi, dan Tidak Ada Ketegasan BPD dalam Melakukan Pengawasan Rekomendasi dalam penelitian ini yaitu Agar pelaksanaan pengawasan BPD terhadap pembangunan infrastruktur di Desa Noebaun menjadi lebih optimal maka harus ada upaya pelatihan atau bimbingan teknis seperti pemberian informasi dan petunjuk pelaksanaan tugasnya agar dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia anggota BPD secara berkala. Perlu dilakukannya Sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan program-program pembangunan yang ada di desa. Dalam menjalankan peran BPD dalam pengawasan harus ada ketegasan agar program-program desa yang tadinya telah ditetapkan dapat terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Peran BPD, Pengawasan, Pembangunan Infrastruktur


Detail Information

Item Type
Penulis
Valentino Y.K. Silli - Personal Name
Student ID
1603040139
Dosen Pembimbing
ESRAH DISYON NINO AM BENU - 197912042009121003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Esrah Disyon Nino Am Benu - 197912042009121003 - Ketua Penguji
Diana S. A. N Tabun - 9900007825 - Penguji 1
Markus Tae - 197004152000031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik, FISIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Sil P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA