Skripsi
Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Nasabah di Masa Pandemi Covid-19 (Survey Pada Nasabah Bank BRI Cabang Kupang)
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Dimensi Servicescape Terhadap Kepuasan Nasabah di masa pandemi Covid-19 survei pada bank BRI Cabang Kupang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah dimensi servicescape yang terdiri dari ambient conditions, spatial layout and functionality, dan signs, symbols and artifacts sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan nasabah. Jumlah sampel sebanyak 100 responden yang datang bertransaksi di bank BRI Cabang Kupang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknk analisis data yang digunakan adalah dekriptif kuantitatif, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 26.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara keseluruhan responden memberikan penilaian persepsi yang sangat baik terhadap ketiga dimensi Servicescape yang diterapkan bank BRI. Baik hasil uji t maupun uji F menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial ketiga dimensi servicescape berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan nilai Adjusted R2 menunjukkan kontribusi variabel servicescape terhadap kepuasan nasabah yang sebesar 66.1%. Sedangkan 33,9% dpengaruhi oleh variabel lain diluar fokus penelitian ini. Variabel lain tersebut adalah kualitas pelayanan yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya selain variabel yang ada.
Kata kunci: Lingkungan fisik, Kondisi sekitar, Tata ruang dan fungsinya, Tanda, simbol dan artefak, dan Kepuasan nasabah
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Lucky Yohanis Thus Boimau - Personal Name
|
Student ID |
1703020069
|
Dosen Pembimbing |
KHALID KASIM MOENARDY - 196208171988031002 - Dosen Pembimbing 1
Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Khalid Kasim Moenardy - 196208171988031002 - Ketua Penguji
Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Penguji 1 Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Bisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 Boi P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |