Skripsi
Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
XMLPenelitian ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar IPA siswa. Bahan kajian dari penelitian ini berupa siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh peneliti dari berbagai sumber yang telah ada (peneliti sebagai tangan kedua). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis isi (Content Analysis). Model pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share memiliki sintaks yang jelas yaitu terdiri dari 1) tahap Think (berpikir) siswa memikirkan pertanyaan atau masalah yang diajukan oleh guru secara mandiri untuk bebarapa saat. 2) tahap Pair (berpasangan) guru meminta siswa berpasangan dan saling berinteraksi untuk mendiskusikan masalah yang telah dipikirkan pada tahap pertama. 3) tahap Share (berbagi) setiap pasangan kelompok membagikan hasil diskusinya kepada seluruh anggota kelompok lainnya. Berdasarkan hasil kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Nurul Mujahadah Badarudin - Personal Name
|
Student ID |
1601050041
|
Dosen Pembimbing |
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Ketua Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1 Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Bad K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |