Pengembangan Media Education Games Pada Materi Organisasi Kehidupan Tingkat Sel Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Education Games Pada Materi Organisasi Kehidupan Tingkat Sel Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat

XML

ABSTRAK

Natumnea Orin Sovialista 2021. Pengembangan Media Education Games Pada Materi Organisasi Kehidupan Tingkat Sel Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat T.A 2020/2021. Jurusan Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam. Program Studi Pendidikan Biologi, dibimbing oleh Nikmah dan Thomas Lion.

Kata Kunci : Pengembangan, Education Games, Puzlle dan CrosswordPuzlle, Materi Organisasi Kehidupan Tingkat Sel

Pengembangan Media Education Games Pada Materi Organisasi Kehidupan Tingkat Sel Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi Barat T.A 2020/2021 bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Education Games berupa Puzlle dan CrosswordPuzlzle. Sebagai media dalam memecahkan masalah pembelajaran dan mengetahui validitas media pada materi organisasi kehidupan tingkat sel.

Pengembangan media pembelajaran Education Games mengadaptasi model pengembangan Research and Development (R&D) dari Sugiyono yang dimodifikasi. Tahapan pengembangan meliputi 1. Potensi dan Masalah dilakukan observasi kegiatan pembelajaran yang terjadi di SMA Negeri 1 Amarasi Barat, 2.Tahap Desain Produk, tahap perancangan materi, media Education Games, instrumen, angket dan perangkat yang dikembangkan, 3.Tahap Validasi Desain, tahap penilaian rancangan produk dan perangkat oleh validator , 4. Tahap Perbaikan Desain dan Pembuatan Produk, proses perbaikan desaian sesuai dengan saran validator dan membuat media Education Games, 5. Tahap Uji Coba 1, dilakukan ucji coba menggunakan media Education Games kepada 4 orang siswa yang sudah pernah mendapatkan materi Organisasi Kehidupan Tingkat Sel menggunakan media lain dan pemberian angket sebagai respon penggunaan Education Games, 6. Tahap Revisi Produk, perbaikan produk yang telah diuji cobakan sesuai dengan masukan yang diberikan guru maupun siswa, 7. Tahap Ujicoba 2, dilakukan uji coba kepada kelas yang belum menerima materi dengan jumlah siswa 11 orang dan pemberian angket sebagai respon penggunaan Education Games, 8. Produk Jadi, media sudah siap digunakan oleh guru dan siswa pada proses Pembelajaran materi Organisasi Kehidupan Tingkat Sel di kelas XI.

Hasil penilaian terhadap media Education Games ini memiliki kategori yang “sangat baik” dengan nilai rata-rata validasi sebesar 4,5. Hasil uji pengetahuan siswa terhadap materi Organisasi Kehidupan Tingkat Sel termasuk kategori “sangat tinggi” dimana nilai yang diperoleh siswa setelah menggunakan media Education Games yaitu ≥ dari KKM dimana nilai postes yang diperoleh siswa ≥ 77. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Education Games pada Matri Organisasi Kehidupan Tingkat Sel sangat layak digunakan tanpa revisi.


Detail Information

Item Type
Penulis
Orin Sovialista Natumnea - Personal Name
Student ID
1701040091
Dosen Pembimbing
NIKMAH - 196410231990012001 - Dosen Pembimbing 1
THOMAS LION - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sri Sumiyati - 195610041982032001 - Ketua Penguji
Nikmah - 196410231990012001 - Penguji 1
Thomas Lion - 195702101983031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Nat P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA