Penggunaan Model Pembelajaran Grup Investigasi Dalam Materi Tentang Sumber Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Tunua Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Grup Investigasi Dalam Materi Tentang Sumber Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Tunua Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Skripsi oleh Erna Setiawati Eky. PGSD. 2021 dengan judul Penggunaan Model Pembelajaran Grup Investigasi Dalam Materi Tentang Sumber Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Gmit Tunua Kabupaten Timor Tengah Selatan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model pembelajaran Grup Investigasi untuk meningkatkan hasil belajar pada materi tentang Sumber Energi di kelas IV SD Gmit Tunua Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tentang sumber energi melalui model pembelajaran Grup Investigasi di kelas IV SD Gmit Tunua Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi di kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas IV berjumlah 17 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 62.94 meningkat menjadi 77,64 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 14,70. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 64,70% meningkat menjadi 94,12% pada siklus II, dengan peningkatan presentase 29,42%. Aktivitas siswa pada siklus I 64,57 menjadi 82,62 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 18,05, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Grup Investigasi dalam materi tentang sumber energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Gmit Tunua.

Kata Kunci: Model Grup Investigasi, Sumber Energi, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Erna Setiawati Eky - Personal Name
Student ID
1701140077
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 EKY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA