Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Kosakata Baku Di Kelas V SD GMIT 006 O’a

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Kosakata Baku Di Kelas V SD GMIT 006 O’a

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kosakata di kelas V SD GMIT 006 O’A. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran think pair share untuk melihat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model tersebut terhadap hasil belajar siswa. Dengan rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar kosakata baku di kelas V SD GMIT 006 O’A?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar kosakata baku di kelas V SD GMIT 006 O’A.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian adalah quasi eksperimen yaitu Non equivalent control group design, desain eksperimen quasi yang menggunakan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Lokasi penelitian adalah SD GMIT 006 O’A, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan waktu penelitian selama satu bulan. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD GMIT 006 O’A Semester II tahun ajar 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen yang berjumlah 16 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu data pretest dan posttest pada kelas eksperimen (model think pair share) dan pretest dan posttest pada kelas kontrol (model konvensional). Data tersebut dianalisis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar kosakata baku di kelas V SD GMIT 006 O’A. Rerata selisih skor pada kelas eksperimen dengan mean = 90,94 lebih tinggi dari rerata selisih kelas kontrol dengan mean 88,75. Perbedaan tersebut signifikan dengan harga sig. (2-tailed)sebesar 0,000 < 0,05 (5%). Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan uji t yaitu t hitung sebesar 3,885 dan nilai t tabel untuk n= 30 dengan taraf signifikan 5% adalah 2,042. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (3,885 > 2,042).


Detail Information

Item Type
Penulis
SARAH WELMINCE DUKA - Personal Name
Student ID
1601140125
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 DUK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA