Skripsi
Kemampuan Metakognisi Siswa SMP pada Pemecahan Masalah Matematika
XMLKemampuan Metakognisi Siswa SMP pada Pemecahan masalah matematika
Santriana Nggeri Rapa (1701030093), Pembimbing I, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc; Pembimbing II, Dr. Damianus Dao Samo
Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran, karakteristik kemampuan metakognisi siswa SMP pada pemecahan masalah matematika serta memberikan implikasi dan rekomendasi dalam mendukung pemecahan masalah matematika siswa dimasa depan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode review artikel, yang digunakan dengan menelusuri berbagai artikel yang berkaitan dengan kemampuan metakognisi siswa pada pemecahan masalah matematika.
Kemampuan metakognisi merupakan kemampuan berpikir seseorang tentang berpikirnya dalam artian kemampuan metakognisi merupakan suatu bentuk kemampuan untuk melihat pada diri sendiri, yang menjadikan seseorang dapat mengatur dan memantau seluruh proses berpikir yang telah dilakukan selama menyelesaikan masalah. Kemampuan metakognisi siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika dapat dikatakan belum memenuhi semua indikator kemampuan metakognisi. Sebagian siswa hanya memenuhi beberapa indikator tetapi siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi hampir memenuhi semua indikator kemampuan metakognisi. Hasil penelitian dari berbagai artikel menunjukkan bahwa data yang ada dapat dijadikan sebagai acuan ataupun sumber informasi terkait kondisi kemampuan metakognisi siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika untuk kepentingan penelitian di masa depan dalam mengembangkan kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika.
Kata kunci : Kemampuan metakogisi, pemecahan masalah matematika dan siswa SMP.
ABSTRACT
Metacognitive Ability of Middle School Students on Mathematical Problem Solving
SantrianaNggeri Rapa(1701030093), 1st Supervisor, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc; 2nd Supervisor, Dr. Damianus Dao Samo
This thesis aims to describe the description, characteristics of the metacognitive abilities of junior high school students in solving mathematical problems and provide implications and recommendations in supporting students' mathematical problem solving in the future. The method used in this paper is the article review method, which is used by tracing various articles related to students' metacognitive abilities in solving mathematical problems.
Metacognitive ability is a person's ability to think about his thinking in the sense that metacognitive ability is a form of the ability to look at oneself, which makes a person able to regulate and monitor all thinking processes that have been carried out while solving problems. The metacognitive ability of junior high school students in solving problems can be said to have not met all indicators of metacognitive ability. Some students only meet some of the indicators, but students who have high mathematical ability almost meet all indicators of metacognitive ability. The results of research from various articles indicate that the existing data can be used as a reference or source of information related to the condition of the metacognitive ability of junior high school students in solving mathematical problems for the benefit of future research in developing students' metacognitive abilities in solving mathematical problems.
Key words :Metacognition ability, mathematical problem solving and High School Students
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Santriana Nggeri Rapa - Personal Name
|
Student ID |
1701030093
|
Dosen Pembimbing |
Siprianus Suban Garak - 196512311992031027 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Dr. Siprianus Suban Garak,M.Sc - 196512311992031027 - Penguji 1 Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Rap K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |