Penerapan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Tentang Lingkungan Rumahku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Di Kelas I SDN Fatubena Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Tentang Lingkungan Rumahku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Di Kelas I SDN Fatubena Kota Kupang

XML

Skripsi oleh Feby Sariati Ga, dengan judul “Penerapan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Tentang Lingkungan Rumahku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Dikelas I SDN Fatubena Kota upang”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: bagaimana penerapan model Role Playing dalam pembelajaran tentang lingkungan rumah kuuntuk meningkatkan hasil belajar Pkn dikelas I SDN Fatubena Kota kupang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar Pkn tentang Lingkungan Rumahku dikelas I SDN Fatubena Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik bservasi dan tes.
Penelitian ini dilakukan di SDN Fatubena Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukkan bawah pada siklus I dari 15 orang yang tuntas berjumlah 10 orang atau 66,6% tuntas karena memusatkan perhatian, aktif di dalam kelas, mengerjakan soal dengan teliti dan tertib saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan yang tidak tuntas karena belum mencapai tandar ketuntasan dan siswa kurang memusatkan perhatian saat guru memaparkan materi dan kurang teliti saati mengerjakan soal. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan bawah dari 15 subjek penelitian dimana 15 subjek itu semuanya berhasiil atau tuntas dari KKM yang telah diterapkan yaitu ≥ 70.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Role Playing dalam pembelajaran tentang Lingkungan rumahku dapat meningkatkan hasil belajar Pkn kelas I SDN Fatubena Kota Kupang.

Kata kunci: Role Playing, Lingkungan Rumaku, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Feby Sariati Ga - Personal Name
Student ID
1701140135
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 GA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA