Dampak Kebijakan Pemerintah Daerah Mengenai Penanganan Covid-19 Terhadap Pendidikan (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Amanuban Timur Kecamatan Amanuban Timur Kabupaten Timor Tengah Selatan)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Kebijakan Pemerintah Daerah Mengenai Penanganan Covid-19 Terhadap Pendidikan (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Amanuban Timur Kecamatan Amanuban Timur Kabupaten Timor Tengah Selatan)

XML

ABSTRAK
Judul penelitian: DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENANGANAN COVID-19 TERHADAP PENDIDIKAN (STUDI KASUS: SMA NEGERI 1 AMANUBAN TIMUR KECAMATAN AMANUBAN TIMUR KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN). Adanya dampak Covid-19 pada pendidikan yang menyebabkan kegiatan belajar mengajar di sekolah Khususnya Di SMA Negeri 1 Amanuban Timur tidak sesuai yang di harapkan dari siswa dan orang tua dengan segala keterbatasan sehingga pemerintah daerah setempat membuat peraturan demi kelancaran proses pembelajaran di Sekolah. Kebijakan pemerintah daerah mengenai penanganan Covid terhadap pendidikan yang dibuat sesuai dengan Istruksi Bupati Timor Tengah Selatan Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran Covid-19 sebagai tindak lanjut dari Pemerintah pusat dan Juga istruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak kebijakan pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19 terhadap pendidikan. Teori yang yang di gunakan dalam penelitian ini adalah terori Dampak kebijakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kebiasaan siswa dengan belajar secara tatap muka di sekolah tetapi adanya dampak Covid-19 pada pendidikan yang menyebabkan kegiatan belajar siswa tidak normal sehingga adanya kebijakan penanganan yang di buat oleh pemerintah daerah sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran Covid-19 yaitu dengan dilakukannya sistem pembelajaran secara online. Adapun kebijakan lain yang dibuat oleh sekolah yaitu dengan adanya kunjungan belajar oleh guru bagi siswa yang kekurangan fasilitas pembelajaran di rumah. Faktor pendukung dengan adanya belajar online di rumah dan juga fakto penghambat dengan kurangnya pemahaman siswa terhadap teknologi, kendala jaringan dan juga fasilitas pendukung lainnya yang dapat menyebabkan sekolah online tidak berjalan sesuai yang di inginkan. Dampak Covid tersebut tidak hanya pada Siswa/siswi tetapi juga berdampak pada Guru dengan kurangnya penilaian terhadap siswa dan juga orang tua dengan keterbatasan ekonomi. Kata kunci : Dampak Covid 19, Pendidikan, Kebijakan Pemerintah Daerah, Penanganan


Detail Information

Item Type
Penulis
Ongki Alonesi Soinbala - Personal Name
Student ID
1603040019
Dosen Pembimbing
SRI CHATUN - 198210222009122004 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
SRY CHATUN - 198210222009122004 - Ketua Penguji
Diana S. A. N Tabun - 9900007825 - Penguji 1
Yohannes F Keon - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Soi D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA