Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Sistem Periodik Unsur Sebagai Bahan Belajar Peserta Didik Kelas X SMA/MA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Sistem Periodik Unsur Sebagai Bahan Belajar Peserta Didik Kelas X SMA/MA

XML

Pengembangan media video pembelajaran berbasis powtoon pada materi sistem periodik unsur sebagai bahan belajar peserta didik kelas x SMA/MA, bertujuan untuk mengetahui Wujud hasil pengembangan Video pembelajaran berbasis powtoon terhadap peserta didik dalam memahami materi sistem periodik unsur agar mampu menjadi media yang efektif dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui kelayakan Video pembelajaran berbasis powtoon terhadap peserta didik dalam memahami materi sistem periodik unsur SMA/MA. Pengembangan video pembelajaran berbasis powtoon yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini dilakukan mengikuti alur atau langkah-langkah model rancangan dari Borg and Gall dengan sedikit penyesuaian. Prosedur yang ditempuh disederhanakan menjadi 4 tahap, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan, (3) uji lapangan, (4) diseminasi produk akhir. Uji lapangan terhadap produk video pembelajaran berbasis powtoon terdiri dari uji kelompok kecil yang terdiri atas 7 orang mahasiswa semester satu pendidikan kimia Universitas Nusa Cendana Kupang., tetapi sebelum melakukan uji kelompok kecil, terlebih dahulu melakukan uji ahli yang dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli instrumen, ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ahli instrumen terhadap angket butir-butir indikator penilaian pada angket tersebut termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan keseluruhan 88,57% dan sudah sesuai pada ahli masing-masing, sedangkan ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran ini memiliki kategori sangat baik dengan presentase keidealan keseluruhan masing-masing 90,17% untuk ahli materi dan 91,76% untuk ahli media. Hasil penilaian uji kelompok kecil terhadap video pembelajaran berbasis powtoon ini sangat baik dengan persentase keidealan 94,09%, sedangkan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis powtoon ini sangat baik dengan persentase keidealan 96,81%. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan uji lapangan yang terdiri atas uji kelompok kecil dan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis powtoon pada materi sistem periodik unsur sebagai bahan belajar peserta didik kelas x SMA/MA, ini layak digunakan. Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran berbasis Powtoon, sistem periodik unsur


Detail Information

Item Type
Penulis
Natalia Marissa Bere - Personal Name
Student ID
1601060072
Dosen Pembimbing
SUDIRMAN - 197008172006041022 - Dosen Pembimbing 1
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Johnson N Naat - 198511202008121003 - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1
Sudirman - 197008172006041022 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia, FKIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 Ber P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA