Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SD Negeri Landu Rote Barat Daya

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SD Negeri Landu Rote Barat Daya

XML

Skripsi oleh Melkianus Mesah. PGSD.2021 dengan judul “Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar PPKN Murid, Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Landu Rote Barat Daya” Iteraksi sosial adalah hubungan antara individu satu dengan individu yang lain, individu yang satu dapat mempengaruhi individu yang lain sehingga terdapat hubungan timbal balik. Kemampuan berinteraksi sosial sebagai sesuatu yang harus dimilki manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lain. Semakin tinggi interaksi sosial siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajarnya. Hasil belajar yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil belajar PPKN kelas IV. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Hubungan interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Landu Kelas IV Rote Barat Daya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan interaksi sosial siswa dengan hasil belajar PPKN kelas IV SD Negeri Landu Rote Barat Daya. Penelitian ini temasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian sebanyak 18 siswa kelas IV. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel kuota, dan sampel yang diambil dari jumlah populasi yaitu sebesar 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar pengamatan dan data dokumentasi. Uji validitas dihitung dengan menggunakan rumus Product Momentdan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha, masing-masing berbantuan SPSS 16. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus Product Moment Pearson berbantuan SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar, yang ditunjukkan dengan harga rhitung sebesar 0,862, sedangkan rtabel dengan jumlah N= 18 pada taraf kesalahan 5% adalah 0, 254, sehingga rhitung > rtabel (0,862 > 0, 254).
Simpulan dari penelitian ini adalah ada Hubungan yang signifikan antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar PPKN kelas IV SD Negeri Landu Rote Barat Daya. Saran, guru sebaiknya lebih meningkatkan kegiatan pembelajaran dengan melibatkan siswa berperan aktif dalam kelompok, dan bagi peneliti yang ingin meneliti interaksi sosial siswa, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan atau referensi untuk membantu dalam melakukan penelitian. Selain itu diharapkan peneliti lain dapat melanjutkan penelitian ini dengan membahas interaksi sosial dikaitkan dengan faktor lain.

Kata Kunci : Interaksi Sosial Siswa, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Melkianus Mesah - Personal Name
Student ID
1701140116
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Penguji 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 MES H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA