Skripsi
Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SD Negeri Landu Rote Barat Daya
XMLSkripsi oleh Melkianus Mesah. PGSD.2021 dengan judul “Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar PPKN Murid, Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Landu Rote Barat Daya” Iteraksi sosial adalah hubungan antara individu satu dengan individu yang lain, individu yang satu dapat mempengaruhi individu yang lain sehingga terdapat hubungan timbal balik. Kemampuan berinteraksi sosial sebagai sesuatu yang harus dimilki manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lain. Semakin tinggi interaksi sosial siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajarnya. Hasil belajar yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil belajar PPKN kelas IV. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Hubungan interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Landu Kelas IV Rote Barat Daya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan interaksi sosial siswa dengan hasil belajar PPKN kelas IV SD Negeri Landu Rote Barat Daya. Penelitian ini temasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian sebanyak 18 siswa kelas IV. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel kuota, dan sampel yang diambil dari jumlah populasi yaitu sebesar 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar pengamatan dan data dokumentasi. Uji validitas dihitung dengan menggunakan rumus Product Momentdan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha, masing-masing berbantuan SPSS 16. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus Product Moment Pearson berbantuan SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar, yang ditunjukkan dengan harga rhitung sebesar 0,862, sedangkan rtabel dengan jumlah N= 18 pada taraf kesalahan 5% adalah 0, 254, sehingga rhitung > rtabel (0,862 > 0, 254).
Simpulan dari penelitian ini adalah ada Hubungan yang signifikan antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar PPKN kelas IV SD Negeri Landu Rote Barat Daya. Saran, guru sebaiknya lebih meningkatkan kegiatan pembelajaran dengan melibatkan siswa berperan aktif dalam kelompok, dan bagi peneliti yang ingin meneliti interaksi sosial siswa, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan atau referensi untuk membantu dalam melakukan penelitian. Selain itu diharapkan peneliti lain dapat melanjutkan penelitian ini dengan membahas interaksi sosial dikaitkan dengan faktor lain.
Kata Kunci : Interaksi Sosial Siswa, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Melkianus Mesah - Personal Name
|
Student ID |
1701140116
|
Dosen Pembimbing |
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Penguji 1 PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 MES H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |