Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang

XML

ABSTRAK
Skripsi oleh Khofifah Islamiati Mohammad NIM 1701140018, dengan judul “Penggunaan Metode Strukturak Analitik Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang”. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan metode struktural analitik sintetik (SAS) dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas 1 di SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada peserta didik kelas I dengan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) di SD Muhammadiyah 2 Jl. K.H Ahmad Dahlan No. 02, Kecamatan Oebobo Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui proses kolaborasi antara peneliti dan guru kelas dengan subjek penelitianya siswa kelas I SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang sebanyak 21 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh dari hasil pra siklus kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil membaca permulaan peserta didik kelas I mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode struktural analitik sintetik. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar rata-rata siswa pada tiap siklusnya, hasil belajar membaca permulaan siswa pada data awal persentase ketuntasan klasikal 23,80% atau 5 peserta didik dari 21 peserta didik yang tuntas dikarenakan belum menggunakan metode struktural analitik sintetik (SAS), siklus I terdapat 57,14% atau 12 peserta didik dari 21 peserta didik yang tuntas dikarenakan pengucapan lafal, intonasi, kelancaran dan kejelasan suara dalam membaca huruf sudah mampu dan terdapat 9 peserta didik atau (57,14%), yang belum tuntas dikarenakan terdapat beberapa siswa dalam pengucapan lafal, intonasi, kelancaran dan kejelasan suara dalam membaca suku kata, kata dan kalimat sederhana belum mampu, kemudian siklus II menjadi 80,95% atau 17 peserta didik dari 21 peserta didik yang tuntas dikarenakan lafal, intonasi, kejelasan suara peserta didik sudah jelas serta dalam membaca kalimat sederhana hampir semua siswa sudah mampu. Dengan demikian penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat dilaksanakan untuk meningkatkan hasil membaca permulaan peserta didik SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang tahun pelajaran 2021/2022 Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa metode struktural analitik sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelas I SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang. Kata kunci : membaca permulaan, metode struktur analitik sintetik (SAS)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140018
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Moh P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA