Peran Komunitas Leko Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Bagi Mahasiswa Di Kelurahan Oebobo Kecamatan Oebobo Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Komunitas Leko Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Bagi Mahasiswa Di Kelurahan Oebobo Kecamatan Oebobo Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Komunitas Leko dalam meningkatkan budaya literasi bagi mahasiswa dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh komunitas Leko dalam meningkatkan budaya literasi bagi mahasiswa di Kelurahan Oebobo Kecamatan Oebobo Kota Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Yang mana penelitian Kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun data sekunder yang telah diperoleh di lapangan kemudian diolah kedalam bentuk kalimat yang baik dan jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Koordinator Komunitas Leko dan Mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Leko.
Hasil penelitian menunjukan Peran komunitas Leko dalam meningkatkan budaya literasi bagi mahasiswa di Kelurahan Oebobo Kecamatan Oebobo Kota Kupang dilakukan dengan beberapa cara, yakni mengajak kaum muda terutama masyarakat untuk mau memberikan waktu dalam membaca dan menciptakan budaya baca yang tinggi, Komunitas leko hadir sebagai jembatan untuk meningkatkan budaya literasi, mengadakan kegiatan-kegiatan diantaranya kencan buku, diskusi, toko buku, safari literasi serta festival lierasi senagai bentuk dukungan untuk menciptakan budaya baca yang lebih efektif bagi mahasiswa. Kendala yang dihadapi oleh komunitas Leko dalam meningkatkan budaya literasi bagi mahasiswa di Keluraham Oebobo Kecamatan Oebobo Kota Kupang, yakni belum adanya fasilitas listirk dan pencahayaan yang mendukung dalam mejalankan program taman baca jalanan atau kencan buku, kurangnya buku- buku bacaan yang menjadi bahan referensi bagi para pembaca, banyak buku-buku yang hilang saat kegiatan berlangsung, kurangnya dana dalam pengadaan buku-buku literasi, kurangnya dukungan dari sponsor ataupun kader-kader terkait dalam mengembangkan budaya literasi, kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap komunitas Leko dan budaya literasi, ketidaktersediaan lokasi sebagai wadah Komunitas Leko untuk berkumpul dan melaksanakan kegiatan serta kurangnya fasilitas (lemari) sebagai tempat penyimpanan buku, wabah Covid-19 yang menyebabkan matinya kegiataan-kegiatan secara langsung yang sering diselenggarakan oleh komunitas Leko.
Kata Kunci : Peran Komunitas Leko, Budaya Literasi


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601070066
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Leonard Lobo,M.Kes - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Lun P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA