Peran Orang Tua Dalam Membimbing Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang Pada Masa Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Orang Tua Dalam Membimbing Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang Pada Masa Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring di SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022, untuk mengetahui kesulitan orang tua dalam menghadapi pelaksanaan pembelajaran daring di SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan guru wali kelas IV. Pengumpulan data diambil melalui observasi,wawancara, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua dan guru wali kelas IV. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. jumlah informan 5 orang dengan rincian guru kelas 1 orang dan orang tua siswa berjumlah 4 orang. Penelitian ini diadakan di SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sebagai guru di rumah, peran orang tua sebagai fasilitator, peran orang tua sebagai motivator. yaitu mendampingi anak mengerjakan tugas, mengawasi anak dalam penggunaan ponsel, membantu menjelaskan materi apabila anak belum mengerti, memberikan fasilitas belajar seperti ponsel dan kuota internet serta peralatan tulis menulis, memberikan motivasi atau dukungan terhadap anak berjalan dengan baik karena guru memberikan tugas dan materi memanfaatkan media android dengan menggunakan media whatsapp grup kelas IV karena dianggap lebih universal dan lebih sederhana. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa adanya peran orang tua ketika siswa melakukan pembelajaran daring dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran daring itu sendiri. Kontribusi atau peran dari orang tua, baik secara langsung maupun tidak langsung juga dapat mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran daring. Jika orang tua berperan dengan baik terhadap anaknya, maka pembelajaran daring juga dapat berlangsung dengan baik juga.

Kata kunci: Peran Orang Tua, Membimbing, Pembelajaran Daring


Detail Information

Item Type
Penulis
Suharti - Personal Name
Student ID
1701140028
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Suh P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA