Skripsi
Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional Dalam Membentuk Karakter Pada Siswa Kelas IV Di SDN Unina Kec. Biboki Moenleu Kab. TTU
XMLABSTRAK
Humoen, Silvestriana. 2022. Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional dalam Membentuk Karakter pada Siswa Kelas IV di SDN Unina, Kec. Biboki Moenleu, Kab. TTU.Skripsi.Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Nusa Cendana. Pembimbing I: Margaretha Djokaho, S.Sn.,M.Pd. Pembimbing II: Treesly Y.N Adoe, S. Sos, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Ekstrakurikuler; Seni Tari Tradisional; Karakter Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: a) pelaksanan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional pada siswa kelas IV dan b) bentuk karakter sisiwa kelas IV di SDN Unina, Kec. Biboki Moenleu, Kab. TTU. Tujuan dari penelitian ini yaitu: a) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional pada siswa kelas IV di SDN Unina, Kec. Biboki Moenleu, Kab. TTU; b) mendeskripsikan bentuk karakter siswa kelas IV pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional di SDN Unina, Kec. Biboki Moenleu, Kab. TTU. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi SDN Unina, Kec. Biboki Moenleu, Kab. TTU. subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru seni tari, dan 16 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional pada siswa kelas IV di SDN Unina, Kec. Biboki Moenleu, Kab. TTU termasuk dalam kategori baik. Pembelajaran dilakukan melalui empat tahapan kegiatan, yaitu pra, awal, inti dan akhir dengan melibatkan komponen pembelajaran. Bentuk karakter siswa kelas IV di SDN Unina, Kec. Biboki Moenleu, Kab. TTU yang tampak pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional berupa karakter toleransi, disiplin, cinta tanah air, cinta damai, tanggung jawab, hormat dan santun, serta percaya diri berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional dapat membentuk karakter siswa pada siswa kelas IV di SDN Unina, Kec. Biboki Moenleu, Kab. TTU. Saran dalam penelitian ini yaitu: a) siswa lebih sungguh-sungguh belajar menari; b) guru menyempurnakan pembelajaran sesuai dengan prosedur pembelajaran yang tepat; c) sekolah lebih mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Silvestriana Humoen - Personal Name
|
Student ID |
1601140066
|
Dosen Pembimbing |
MARGARET PULA ELISABETH DJOKAHO - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Hum P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |